Topik Terhangat

Disidak Dewan, Indomaret Banyak Jual Barang Tak Sesuai Harga

Senin, 15 Februari 2016. Pkl. 21:40 WIB

Dibaca :181 views

Sintang Post



SINTANG | SenentangNews.com-Sejumlah Indomaret bodong ditemukan saat Komisi A DPRD Sintang melakukan inspeksi mendadak (sidak), Senin (15/2). Para wakil rakyat bersama Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disperindagkop dan UKM), Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPMPTSP), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) mendatangi beberapa Indomaret yang ada di Kecamatan Sintang.

Saat rombongan melakukan sidak tersebut, para pekerja Indomaret tampak pucat pasi. Bahkan tampak dari karyawan yang bekerja siang itu berlari ke belakang. Suasana sempat tegang ketika satu persatu barang yang ada di rak di cek untuk memastikan apakah barang yang tertera sudah sesuai dengan struk di kasir.

Alhasi setelah di cek ternyata barang yang terpajang dirak tidak sesuai dengan pembayaran dikasir.”Ini kq bisa ya mbak harganya selisih, tadi di rak harganya lain sekarang saya bayar di kasir harganya juga selisih tu,”kata Syahroni Ketua Komisi A.

Menurut Syahroni  pihaknya akan mengkoordinasikan hal itu terhadap instansi yang bersangkutan sehingga bisa mengambil langkah terkait manajemen dagang yang diterapkan oleh Indomaret yang diindikasikan adanya kecurangan.

“Ini penipuan terstruktur yang dilakukan oleh Indomaret. Masyarakat harus lebih teliti lagi sebelum membeli barang,”katanya.

Kasi Pengembangan Usaha dan Promosi Disperindagkop dan UKM Kabupaten Sintang, Syafruddin mengungkapkan apa yang dilakukan manajemen Indomaret tersebut menyalahi aturan. Masyarakat berhak mengkomplain misalnya dengan mengembalikan barang yang dibelinya karena tak sesuai dengan harga yang tertera.

“Jika terjadi hal ini dan masyarakat atau konsumen mengetahui bahwa ada yang salah maka barang yang dibeli tersebut boleh dikembalikan ke toko tersebut meskipun konsumen mengetahui hal tersebut saat sudah berada di rumah. Harga yang tertera juga lebih baik bukan hanya di tempat saja tetapi lebih baik jika harga ditempelkan di barang tersebut,” ujarnya.

Sementara Kepala Bidang Perizinan PTSP Kabupaten Sintang Warnida menegaskan, pihaknya akan meninjau kembali perizinan Indomaret, menyusul temuan dari sidak yang dilakukannya bersama disperindag dan Komisi A tersebut,”Kita akan tinjau ulang perizinannya,”katanya.

Dia pun membenarkan, bahwa memang terdapat sejumlah pruduk yang lebelnya tak sesuai dengan harga pembayaran yang tertulis di struk. “Jadi, ada beberapa produk yang di lebelnya harganya selisih dengan struk pembayaran, yang mana lebih mahal dari lebel yang di pajang,”katanya.(okt)

 


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.sintangpost.com


© SintangPost.com | Share :