Gali Potensi Sarang Burung Walet, DPRD Sintang Kunker Ke Ketapang

by

Tuah 1SINTANG | Sintangpost.com-Anggota DPRD Kabupaten Sintang menggelar kunjungan kerja ke Kabupaten Ketapang Kamis,(3/3) belum lama ini. Kunker yang di ikuti beberapa instansi tersebut dalam rangka shering tentang Perda sarang burung walet dan hasil tambang bukan logam.

Rombongan wakil rakyat tersebut dipimpin ketua komisi C DPRD Sintang Tuah Mangasih ST,M.Si didampingi oleh beberapa SKPD seperti Asisten II, Kepala Dispenda, Kadis Pertanian, Kadis Pertambangan, Satpol PP,  Kantor BPMPTSP dan Bagian Hukum  diterima oleh Sekda Ketapang, Drs. K. Mansyur, M.Si dan Kepala Dispenda, Drs. H. Marwan Nor, M.Si.

Dalam pertemuan itu Tuah menjelaskan bahwa pihaknya memandang perlu Perda walet di Kabupaten Sintang. mengingat di Sintang Sarang burung walet telah menjamur baik di kota maupun di Pedesaan.

Menurut Politisi PDIP ini bisnis sarang burung walet masih menjadi incaran pengusaha untuk meraup keuntungan. Bahkan harga sarang burung yang kian membaik, membuat pengusaha kian menambah investasinya membuat penangkaran.

Di satu sisi, bisnis sarang burung walet dengan membangun penangkaran menguntungkan si pengusahanya, tapi karena tempat penangkaran di perkotaan yang padat penduduk, membuat bangunan-bangunan besar hanya dihuni burung walet. Sedangkan warga yang bertetangga mengalami keresahan karena kuatir adanya penyakit yang disebarkan burung walet.

Selain mempelajari berdasarkan draf naskah akademik dari daerah-daerah yang lebih dulu ada perda sarang burung walet, DPRD Sintang juga menggali secara langsung ke daerah Ketapang yang sudah melaksanakan Perda walet.

“Keberadaan kegiatan ekonomi bidang sarang burung walet di Kabupaten Sintang semakin semarak. Lantaran hal itu dibutuhkan sebuah perangkat hukum berupa Peraturan Daerah (Perda) agar memberikan kemanfaatan bagi masyarakat dan daerah,”tukasnya.

Sementara itu Sekda Ketapang  Drs. K. Mansyur, M.Si berharap kedepannya terjalin kerjasama yang baik antara Pemerintah Daerah Ketapang dengan Pemerintah Daerah Sintang. “Kita berharap dengan adanya Kunker Ketapang, terjalin kerjasama yang saling membangun dan mengguntungkan. Baik itu dalam segi ekonomi maupun pariwisata,”pungkasnya (okt)