Ratusan Warga Desa Manis Raya Gelar Gerakan Nusantara Mengaji

by
Suasana Mengaji Di Desa Manis Raya
Suasana Mengaji Di Desa Manis Raya
Suasana Mengaji Di Desa Manis Raya

SINTANG | Sintangpost.com-Ratusan Umat Muslim yang ada di Kabupaten Sintang, Sabtu (7/5) mengelar Gerakan Nusantara Mengaji (GNM) di pondok pesantren Madrosatul Qur’an Desa Manis Raya Kecamatan Sepauk. Ratusan warga antusias mendatangi Nusantara Mengaji tersebut. Baik dari kalangan anak-anak, remaja, bahkan lanjut usia.

Koordinator Daerah GNM Edy Kusuma Wijaya mengatakan, Gerakan Nusantara Mengaji, selain menjadi olah spiritual ini merupakan tonggak awal menggelorakan cinta Alquran dan mentradisikan kembali budaya mengaji di kalangan umat Islam.

“Ini merupakan program yang diinisiatori oleh Muhaimin Iskandar ketua umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Dengan harapan dapat mentradisikan budaya mengaji,” kata Edy.

Pria yang akrab disapa Edy Kw ini mengapresiasi respons positif dari kalangan masyarakat muslim khususnya warga Nahdiyin di Kabupaten Sintang. “respon masyarakat sangat baik terbukti banyak masyarakat yang mengikuti acara ini,”tukasnya.

Ia menilai, antusiasme tersebut bukti umat Islam Indonesia sejatinya rindu mengaji dan memiliki kerelaan yang tinggi mendoakan bangsanya dengan mengkhatamkan Alquran.

Meski di inisiatori oleh ketua PKB, Edy menegaskan, Gerakan Nusantara Mengaji ini bukanlah gerakan sesaat ataupun gerakan politis. Nusantara Mengaji, kata dia, murni gerakan budaya yang berkeinginan mengembalikan spirit mengaji.

“Gerakan Nusantara Mengaji ini merupakan gerakan agama yang memiliki niatan suci mendoakan bangsa Indonesia ditengah carut marutnya ekonomi,” papar dia.

Sementara satu diantara tokoh masyarakat yang juga ketua pondok pesantren Madrosatul Qur’an Fauzin Azhari mengatakan kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 200 orang yang terdiri dari tiga desa yaitu desa Manis Raya, Desa Buluh Kuning dan Desa Sepulut.

“Mudah mudahan dengan kegiaan ini dapat meningkatkan minta generasi muda muslim untuk memelajari Al-quran, terlebih mendekati bulan suci Rhamadhan,”ungkapnya.

Sebagai Masyarakat ia bersama-sama Santri di Pondok Pesantren Madrosatul Huda mendoakan bangsa Indonesia dari keterpurukan mental dan berharap ekomi kembali bangkit.

Gerakan Nusantara Mengaji juga mendapat apresiasi yang mendalam dari Kusnadi, anggota DPRD Sintang. Ia berharap budaya membaca Al-Quran harus terus dilestarikan terutama generasi muda. “Harapan kami generasi muda terus mempelajri Al-quran,” pungkasnya.

Kusnadi menilai minat generasi muda dalam empelajari Al-Quran sangat minim. Ia berharap dengan adanya Gerakan Nusantara Mengaji dapat menggugah minat anak dalam memelajari Al-Quran.(okt)