Topik Terhangat

Syahroni: Kabupaten Sintang Bakal Punya Kecamatan Baru

Raperda Kecamatan Siap Dibahas

Rabu, 12 Oktober 2016. Pkl. 16:01 WIB

Dibaca :503 views

Penulis: Admin



Syahroni

Syahroni


SINTANG | Sintangpost.com-Tidak lama lagi Kabupaten Sintang memiliki kurang lebih 30 Kecamatan induk. Jika 6 Raperda tentang pemekaran kecamatan disetujui oleh Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Pusat (Pempus).

“Kalau disetujui Pemprov Kalbar dan Pempus maka Kabupaten Sintang akan memiliki kurang lebih 30 Kecamatan induk,” kata Ketua Komisi A DPRD Sintang, Syahroni, usai melakukan penyampaian pandangan umum Fraksi terhadap 9 Raperda Pemerintah Kabupaten Sintang, di Gedung DPRD Sintang, Senin (10/10).

Sebelumnya, kata Syahroni, Pemerintah Sintang telah mengusulkan pembentukan dan pemekaran kecamatan di Kabupaten Sintang dengan melalui Perda Nomor 1 Tahun 2014 tentang pemekaran kecamatan. Namun sangat disayangkan perda Nomor 1 Tahun 2014 itu gugur setelah dilakukan evaluasi oleh Pemerintah Provinsi Kalbar dan Pemerintah Pusat (Pempus).

“Artinya, Perda Nomor 1 Tahun 2014 tentang pemekaran itu gugur karena tidak memenuhi persyarakat untuk disahkan menjadi sebuah perda. Meskipun di tingkat Pemerintah Kabupaten Sintang telah disahkan menjadi sebuah perda,” kata Syaroni.

Menurut Syahroni, saat ini Pemerintah Sintang kembali mengusulkan pembentukan dan pemekaran kecamatan melalui 6 Raperda tentang pemekaran kecamatan.  “Artinya, saat ini kita penyesuaian ulang sehingga dijabarkan kembali, oleh pemerintah kabupaten sintang menjadi 6 raperda tentang pemekaran dengan melampirkan tingkatan persyaratan yang sesuai dengan prosedurnya,” ungkapnya.

6 Raperda tentang pemekaran kecamatan, kata dia, masih dalam pembahasan lebih lanjut. Sebab, DPRD Sintang juga akan melihat kesiapan dan persyaratan mereka semua dalam pembentukan dan pemekaran kecamatan baru.

“Tidak nyampai 17. Cama 15 kecamatan  yang ada, makanya kurang lebih ada 30an kecamatan hasil pemekaran 14 kecamatan sintang yang ada saat ini. Tetapi 30 kecamatan itu jika disetujui oleh Pemprov Kalbar dan Pempus,” ungkapnya.


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.sintangpost.com


© SintangPost.com | Share :