Raperda SOPD Segera Disahkan

by

untitled-1SINTANG | Sintangpost.com-DPRD Sintang melalui Pansus (Panitia Khusus)  II menggelar rapat kerja dengar pendapat bersama eksekutif membahas perubahan Struktur Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) di gedung DPRD Sintang, Rabu (26/10).

Rapat yang dipimping langsung oleh ketua pansus 2 DPRD Sintang Herimaturida tersebut berlangsung dengan aman dan lancar. Meskipun demikian rapat yang berlangsung dengan alot , namun pihak legislatif belum bisa menyimpulkan hasil pembahasan, karena rapat kerja masih berlangsung.

Ditemui usai rapat kerja ketua Pansus II DPRD Sintang, Herimaturida mengatakan ada beberapa tahapan pembahasan digelar. Sementara dari tahap yang sudah berjalan, belum kelihatan hasilnya.

“Hari pertama pembahasan pengantar. Besok (hari ini) pembahasan substantif. Jadi kita belum ada kesimpulan akhir. SOPD belum dapat disimpulkan. Kita masih membahas,” tambah Herimaturida.

Karena itu, Herimaturida, belum dapat menyampaikan mengenai hasil rapat kerja bersama eksekutif. Pembahasan tersebut dipastikan terus berjalan. Pasalnya hasil Pansus akan memutuskan jumlah SOPD Sintang kedepan. “SOPD berkenaan dinas terkait. Semua perlu dicek dengan keseimbangan,” katanya.

untitled-3Menurut Maturida, SOPD yang sedang dibahas cukup banyak. Yakni 21 dinas, satu pamong praja, dan lima badan. Hasil Pansus nantinya yang menentukan jumlah SOPD yang akan ditetapkan. “Kita masih rapat dengan pemerintah daerah,” kata politisi Gerindra ini.

Wakil ketua Pansus II DPRD Sintang, Welbertus, ikut menyampaikan kalau pembahasan masih berlangsung. Tim pansus  membutuhkan waktu dalam membahas. Pasalnya, keputusan yang dihasilkan demi kepentingan daerah.   Tahapan proses yang dilalui guna mewujudkannya.

“Kita tidak ingin buru-buru. Sekarang masih dalam pembahasan.  Ini tidak bisa setengah-setengah tapi yang kita bahas menyangkut kepentingan masyarakat banyak,” katanya.

Ia menambahkan, kepentingan masyarakat Sintang yang menjadi acuan tim dalam bekerja. Termasuk, dalam membahas SOPD yang akan dibentuk kedepan.

“Kita lihat saja nanti, Bidang mana sana yang akan kita gabungkan sehingga lebih efektif saat melayani masyarakat nantinya. Pembentukan SKPD baru ini nantinya juga akan melihat aspek kemampuan anggaran dan ekonomi daerah sehingga pembentukannya dapat mendorong peningkatan ekonomi dan kemajuan bagi Sintang,” katanya.

Politisi PDI Perjuangan ini mengaku akan menuntaskan secepatnya. Sebab, penyusunan anggaran untuk operasional SOPD tersebut akan dimasukkan dan dibahas dalam APBD 2017 nantinya.

“Kami targetkan secepatnya sehingga bisa disusun anggarannya,” tukasnya (okt).