Asisten 3 Pimpin Upacara KTT Kwartir Ranting Sintang

by

untitled-1SINTANG | Sintangpost.com-Desa Tertung Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang terpilih sebagai pusat rangkaian Kegiatan Terpadu dan Terakhir Kwartir Ranting Sintang di tahun 2016, pada hari Kamis (3/11) Bupati Sintang yang dalam hal ini diwakili oleh Asisten Administrasi Umum menjadi pembina upacara di lapangan Desa Tertung.

Asisten Administrasi Umum, membacakan sambutan Bupati,  Zulkarnaen mengatakan, gerakan pramuka mempunyai peran besar dalam pembentukan kepribadian generasi muda, sehingga memiliki kecakapan untuk menghadapi tantangan kehidupan, seperti yang diatur dalam undang-undang  nomor 12 tahun 2010 tentang gerakan pramuka, pendidikan kepramukaan dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan spiritual dan intelektual, keterampilan, dan ketahanan diri yang dilaksanakan melalui metode belajar interaktif. Kata Zulkarnaen

“oleh karenanya, pramuka hendak membina potensi-potensi spiritual, sosial, intelektual dan fisiknya, agar mereka bisa membentuk, kepribadian, menanamkan semangat kebangsaan, serta meningkatkan keterampilan menjadi calon pemimpin bangsa yang handal di masa depan. Tutur Zulkarnaen.

Lanjutnya, tujuan gerakan pramuka sangat terkait erat dengan visi pembangunan di kabupaten sintang, khususnya mewujudkan masyarakat sintang yang cerdas. masyarakat cerdas bermakna masyarakat yang memiliki beberapa kecerdaan baik intelektual, emosional, spiritual dan sosial yang seimbang dan optimal. maka dari itu, gerakan pramuka harus menjadi salah satu kekuatan riil dalam mencapai visi pembangunan di kabupaten sintang.” Pungkas Zulkarnaen

“kegiatan ini sangat bermanfaat dalam  meningkatkan kemampuan spiritual dan intelektual, keterampilan, dan ketahanan diri sehngga menggerakkan kekuatan kolektif praja muda kirana di kecamatan sintang pada khususnya” tambahnya.

Selaku Asisten Administrasi sekaligus mewakili Bupati Sintang saya berpesan ikutilah semua agenda kegiatan ktt dengan penuh disiplin dan semangat. seraplah materi yang ada, timba pengalaman, bergaul, ciptakan persaudaraan dan kekompakan dengan sesama peserta.  khusus kepada panitia penyelenggara, saya meminta untuk memfasiltasi kegiatan ini dengan baik dan penuh tanggungjawab. mari kita jadikan kegiatan ini sebagai ajang pembinaan kepramukaan yang positif dan bermanfaat untuk kita semua. Pesan Zulkarnaen kepada para peserta upacara.

Ketua Panitia Penyelenggara, Theresia Erni mengatakan Kegiatan Terpadu dan Terakhir Kwartir Ranting Sintang ini mengusung tema “melalui kegiatan terpadu terakhir, gerakan pramuka ranting sintang mari kita tanamkan karakter generasi muda yang tangguh dalam menghadapi masa depan” hal itu diusung karena untuk mendidik anak-anak pada zaman sekarang dalam menghadapi era globalisasi di masa mendatang. Kata Erni

“pelaksanaan kegiatan Pramuka KTT ini dilaksanakan selama 3 hari dimulai dari tanggal 3 November 2016 hingga 5 November 2016, dan semua kegiatan dilaksanakan dan dipusatkan di Desa Tertung ini.” Tambah Erni

Selain itu juga, lanjut Erni, peserta kegiatan ini adalah berasal dari anggota pramuka Siaga (SD), Penggalang (SMP), dan Penegak (SMA) yang berasal dari ruang lingkup kwartir ranting Sintang” tuturnya.

“untuk kegiatan pramuka siaga dilaksanakan hanya 1 hari saja tidak berkemah, untuk pramuka penggalang dan penegak itu berkemah, dengan agenda yang hampir mirip, seperti latihan baris-berbaris, penjelajahan, memasyarakatkan senam pramuka, bakti sosial di desa-desa terdekat, menampilkan seni budaya, yel-yel pramuka, dan LKBB variasi dengan tongkat”. Ungkap Erni.(humas)