Bupati Resmikan Pabrik Kelapa Sawit PT BHA

oleh
Bupati Sintang Milton CrosbyM Si Menekan Tombol Sirene Tanda Di Bukanya Pabrik Kelapa Sawit PT BHA

SINTANG | Sintangpost.com – Selasa (3/2), kawasan Desa Maung Kecamatan Ketungau Hilir berbeda dari biasanya. Di lokasi yang tak jauh dari bibir pantai Sungai Ketungau itu, berdiri tenda besar yang dihias menarik dan apik. Kursi-kursi tertata rapi dan sejumlah data disajikan.

Hari itu, Bupati Sintang Milton Crosby M Si hadir untuk meresmikan pabrik sawit PT Buana Hijau Abadi Triputra Agro Persada. Prosesi peresmian ditandai dengan penekanan tombol sirine, penandatanganan prasasti di Pabrik Kelapa Sawit PT Buana Hijau Abadi Triputra Agro. Dalam peresmian tersebut nampak hadir Ketua DPRD Jefray Edward SE, Kepala Kejaksaan Riono Budi Santoso, SH. MHum, Dandim Letkol Inf Anggit Exston Yustiawan, Waka Polres Kompol Pulung Wietono, dan sejumlah kepala SKPD dilingkungan Pemkab Sintang juga ikut menjadi saksi kegiatan bersejarah bagi daerah ini.

Sutedjo Halim Managing Director for Trading & Downstream Group Triputra Agro Persada menyampaikan bahwa PT Hijau Buana Abadi yang beroperasi pertama di Kalbar tersebut selain beroperasi di Ketungau Hilir juga telah beroperasi di Ketungau Hulu, dan Ketungau Tengah. Kebehasilan pihaknya dalam membangun kebun ini berkat kerjasama semua pihak.

“Kami berharap ada asas manfaat dari pembangunan kebun dan pabrik kelapa sawit ini. Khususnya meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan, Pendapatan Asli Daerah, pajak, dan perekonomian Kabupaten Sintang secara umum” katanya.

Pabrik Kelapa Sawit PT Buana Hijau Abadi Triputra Agro lanjutnya memiliki program CSR seperti membuka akses transportasi, perbaikan jalan dan jembatan, rumah ibadah, sekolah, WC, kegiatan olahraga, kerohanian, kegiatan sosialainnya.

“Dengan kehadiran pabrik kami ini ingin menjadi perusahaan perkebunan yang ramah lingkungan dan sustainable,” ucapnya.

Board of Commisioner (BOC) Group Triputra Agro Persada Toddy M. Sugoto menjelaskan bahwa pabrik ini memiliki kapasitas 60 ton perjam bisa ditambah kapasitas sampai 75 ton per jam. PT Buana Hijau Abadi mulai operasi tahun 2008. Mulai menanam tahun 2010. Dan tahun2013 mulai bangun pabrik.

“Masyarakat memiliki andil yang sangat besar atas terbangunnya perkebunan dan pabrik ini. Kami ingin memiliki perkebunan terbaik di dunia. Komitmen yang tinggi kami berikan kepada dunia, negara dan masyarakat dengan mengikuti ISPO. CSR juga menjadi bagian penting perusahaan kami bekerjasama dengan banyak pihak” jelas Toddy M. Sugoto.

Sementara itu Bupati Sintang Milton Crosby M Si menyambut baik kehadiran Pabrik Kelapa Sawit PT Buana Hijau Abadi Triputra Agro yang pertama di Kalbar itu.

Bupati berharap keberadaan Pabrik kelapa sawit di daerah Ketungau Hilir ini dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar dan sekaligus membuka sentra ekonomi yang diproyeksikan ke depan.

“Saya sangat bangga dengan tumbuhnya pabrik–pabrik kelapa sawit di Sintang,. tentunya keberadaan pabrik CPO ini dapat menambah gairah pembangunan daerah di Kabupaten Sintang, terutama terkait dengan pencapaian agenda mewujudkan masyarakat Kabupaten Sintang yang produktif,”kata bupati.

Bupati juga mengingatkan kepada seluruh investor perkembunan sawit di Kabupaten Sintang termasuk PT Buana Hijau Abadi, agar menerapkan konsep berwawasan lingkungan hidup melalui 3R yaitu reduce, reuse dan recyle secara berkelanjutan.

“Saya berharap dengan adanya pabrik pengolahan CPO ini dapat membawa dampak positif bagi kehidupan sosial ekonomi masyarakat setempat. jangan abaikan masyarakat sekitar,”tukasnya (bny)