Topik Terhangat

Hadiri RAT, Bupati Sintang Tingkatkan Koperasi Agar Lebih Produktif

Senin, 27 Februari 2017. Pkl. 18:13 WIB

Dibaca :292 views

Sintang Post



SINTANG | Sintangpost.com- Ratusan anggota Koperasi Restu Berdikasi memadati halaman SD di Desa Manter Kecamatan Sungai Tebelian Kabupaten Sintang guna menghadiri acara Rapat Anggota Tahunan, dalam acara tersebut Bupati Sintang Jarot Winarno membuka acara RAT tahun 2017 dengan didampingi oleh Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Anggota DPRD Kabupaten Sintang, pada Minggu (26/2).


Dalam arahannya, Bupati Sintang, Jarot Winarno mengatakan koperasi Restu Berdikari ini berdiri atas asas kekeluargaan, “didalam tatanan koperasi, bahwa ekonomi kita disusun secara bersama-sama didasari asas kekeluargaan saling musyawarah, sehingga menjadi suatu koperasi yang mandiri seperti koperasi ini”. Kata Jarot.

Dengan demikian koperasi yang sehat itu adalah koperasi yang melaksanakan amanat tentang kewajiban pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan yang diadakan setiap tahunnya, jikalau koperasi sudah 3 tahun tidak menyelenggarakan Rapat Anggota Tahunan itu berarti sudah dianggap bubar, maka dari itu, Koperasi Restu Berdikari ini harus dan memang dilaksanakanlah kegiatan RAT pada setiap tahunnya”. Tutur Jarot.

Masih kata Bupati Sintang bahwa koperasi ini hanyalah titipan dari anggota, “kegiatan RAT inilah merupakan jiwa raga dari Koperasi bahwa kekuasaan berada pada anggota koperasi itu sendiri, kalau pengurus badan, pengawas, hanyalah titipan oleh anggota koperasi karena  tugasnya adalah untuk mengontrol hasil Rapat Anggota Tahunan”. Tambah Jarot.

Bupati Sintang mengatakan bahwa Pemerintah Daerah saat ini sedang mereformasi koperasi-koperasi yang ada di Kabupaten Sintang dengan melalui tiga tahap, tahap pertama yaitu adalah rehabilitasi koperasi, yang dimana koperasi yang ada di Sintang kita tata ulang lagi, mana yang bubar dan mana yang masih aktif , tahap yang kedua yaitu reorientasi  yaitu koperasi haruslah berkembang.

“Jangan hanya menjadi koperasi simpan pinjam saja, karena potensi didaerah Desa Manter ini sangat mendukung untuk hal lainnya yang berkaitan dengan koperasi, tahap yang ketiga yaitu pengembangan, dimana koperasi harus mampu bersaing dengan badan usaha yang  lain, harus mampu menggunakan media informasi, menggunakan kemajuan teknologi, untuk badan pengurus sewa tenaga yang profesional, laporan keuangan bisa diakses secara online, kembangkan inovasi untuk meningkatkan mutu, kualitas usaha dari suatu koperasi” ungkap Bupati Sintang.

“Kami yakin koperasi Restu Berdikari ini bisa berkembang lagi, seluruh anggota harus yakin mampu menyusun usaha yang lebih berkembang lagi, manfaatkan RAT sebaik-baiknya, jangan hanya menelisik , menyetujui, tapi mendiskusikan bagaimana pengembangan usaha yang lebih maju ke depannya, kalau ada kesulitan kami bantu” pesan Jarot.

Ketua Panitia penyelenggara Rapat Anggota Tahunan, Ratiman mengatakan tujuan kegiatan  Rapat Anggota Tahunan (RAT) ini merupakan  laporan pertanggung jawaban pengelolaan dana koperasi antara pengurus koperasi dan anggota koperasi dengan demikian  anggota koperasi dapat mengetahui perkembangan keuangan yang ada di koperasi. Kata Ratiman. (dky)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.sintangpost.com


© SintangPost.com | Share :