Hadapi Ujian, Diknasbud Kumpulkan Kepala SMP

by

SINTANG | Sintangpost.com- Pemerintah Kabupaten Sintang melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayan bersiap diri menghadapi pelaksanaan ujian nasional tingkat Sekolah Menengah Pertama yang akan dilaksanakan pada 2-8 Mei 2017 mendatang. Persiapan tersebut dengan melaksanakan Rapat Koordinasi Kepala Sekolah Menengah Pertama Se-Kabupaten Sintang Tahun 2017 di Gedung PGRI pada Senin, 27 Februari 2017.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayan Lindra Azmar meminta seluruh kepala sekolah menengah pertama se Kabupaten Sintang untuk serius mempersiapkan anak didik di sekolah masing-masing untuk menghadapi ujian nasional supaya mampu meraih nilai terbaik.

“Saya yakin seluruh Kepala SMP sudah mulai menyiapkan siswanya untuk menghadapi ujian nasional yang memang rutin dilaksanakan setiap tahun” terang Lindra Azmar.

Lindra Azmar juga berpesan supaya seluruh kepala sekolah untuk meningkatkan kinerjanya, maka setiap kepala sekeolah harus memiliki kompetensi kepedulian, manajerial, dan sosial.

“Seorang kepala sekolah harus terbuka, mampu mengendalikan diri, dan mampu mengembangkan sekolah, guru, dan staf dengan baik. Mampu mengelola SDM di sekolah, mengelola keuangan dengan transparan dan mampu melakukan terobosan. Kepala sekolah harus mampu menjaga kebersamaan di sekolah” pesan Lindra Azmar.

“Saya juga minta supaya kepala sekolah mampu mengembangkan diri, misalkan melanjutkan penddilkan ke pasca sarjana. Saya tahu, banyak SMP yg dipimpin guru yang sudah S2. Saya dukung itu” terang Lindra Azmar.

Ketua penyelenggara rakor Ernawati yang juga Kabid Pembinaan SMP Diknasbud menjelaskan bahwa Pemkab Sintang harus mensukseskan program wajib belajar 9 tahun dengan berupaya keras menghadapi ujian nasional ini.

“Rapat koordinasi ini untuk mensosialisasikan kebijakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2017, pembinaan kepada kepala SMP, dan persiapan menghadapi ujian nasional dan ujian sekolah, kepala sekolah akan dibekali dengan materi seperti berbagai kebijakan dinas pendidikan dan kebudayaan, sertifikasi guru, pengawasan dan pelaksanaaan anggaran dan sosaliasi ujian nasional,” tambah Ernawati.

Marsianus Kepala SMPN 2 Sungai Tebelian menyampaikan pihaknya sudah mempersiapkan siswa/siswi kelas IX untuk menghadapi Ujian Sekolah, Ujian Sekolah Berstandar Nasional, dan Ujian Nasional Tahun 2017.

“Berdasarkan jadwal yang sudah kami terima ujian sekolah akan dilaksanakan pada 17-22 April. Kami sudah melakukan rapat dengan komite sekolah dan para orang tua siswa kelas IX, rapat khusus guru, dan memberikan tambahan jam pelajaran atau les sore hari mulai Januari 2017 pada hari senin, selasa, rabu dan kamis jam 13.30 sampai 15.30” terang Marsianus.

Hadir dalam rakor tersebut seluruh kepala sekolah SMP se Kabupaten Sintang, Dewan Pendidikan Kabupaten Sintang dan jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang. Selain rapat koordinasi, kegiatan juga diisi dengan Pengukuhan Pengurus Musyawarah Kerja Kepala Sekolah SMP/MTs Periode 2016-2020 oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang Lindra Azmar. Kepala SMP Negeri 4 Sintang H. Sarbaeni memimpin organisasi yang mewadahi seluruh kepala SMP se Kabupaten Sintang. (slh)