Petugas Bazarnas Sintang Dilantik

by
Petugas Bazarnas Sintang Dilantik
Petugas Bazarnas Sintang Dilantik

SINTANG | Sintangpost.com- Bupati Sintang, dr. Jarot Winarno, M.Med.Ph melantik pangurus Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Sintang Periode 2016-2021 di Balai Praja Kompleks Kantor Bupati Sintang, Selasa (7/3/2017).

“Hari ini kita sudah lantik baznas lembaga nonstruktural pemerintah di bawah Kementrian Agama,” ujar dr. Jarot. Bupati Sintang itu menyampaikan bahwa potensi zakat di Kabupaten Sintang besar. “bila semua umat Islam di Sintang, kurang lebih 38-39 % dari total masyarakat kita membayar zakatnya akan ada milyaran rupiah akan terkumpul setiap tahunnya,” hitungnya.

Jarot Winarno menyampaikan harapannya bahwa zakat yang terkumpul juga hendaknya dapat dipergunakan untuk kegiatan yang produktif. “jika hanya untuk memberikan santunan kepada fakir miskin kan sayang, kelebihan dana gunakanlah juga untuk hal yang produktif,” ujarnya. “janganlah kita selalu memberi ikan kepada orang miskin tapi alangkah baiknya jika kit ajug amemberi mereka kail,” tegas Bupati Sintang itu.

Menurut orang nomor satu di Sintang ini, Pengurus Baznas dalam mengelola dana hendaknya dapat memperhatikan hal-hal penting seperti profesionalisme. “untuk mengelola dana yang cukup besar ini perlu profesionalisme, perlu akuntabel, dan transparan,” kata dr. Jarot. “dan Syarat pertama supaya Baznas bisa bekerja dengan baik, badan ini harus meraih kepercayaan dari umat islam yang ada di Sintang,” tutupnya.

Para pengurus yang dilantik, Drs. Yacob Basyari sebagai ketua, Drs. H. Romli, M.Si sebagai wakil ketua 1, H. Endang Syamsudin sebagai wakil II, H. Uun Suhandi, S.HI sebagai wakil ketua III, dan H. Helmi Aswandi S.Sos sebagai wakil ketua IV. Namun pada pelaksanaan pelantikan ada dua wakil ketua yang berhalangan hadir, yaitu wakil ketua II dan wakil ketua IV. Masing-masing wakil ketua akan membawahi suatu bidang, yaitu bidang pengumpulan, bidang pendistribusian, bidang pendayaaangunaan dan bidang umum.

“Dalam waktu dekat ini, kami harus segera mengadakan pengurus harian atau kesekretariatan sebagai penunjang kerja dari kami berlima,” kata Drs. Yacob Basyari dalam wawancara dengan awak media usai acara pelantikan. “perlu kita ingat, bahwa yang bekerja di Baznas ini sebaiknya bukan pegawai negeri agar tidak ada tumpang tindih kerja,” pungkasnya. (evy)