Topik Terhangat

Askiman Sebut Sintang Kekurangan Guru

Saat Menghadiri Wisuda STKIP PK Angkatan Ke VII

Senin, 13 Maret 2017. Pkl. 11:15 WIB

Dibaca :323 views

Sintang Post



SINTANG | Sintangpost.com-  Wakil Bupati Sintang, Drs. Askiman,MM bersama dengan Ketua DPRD Sintang, Jeffray Edward menghadiri acara wisuda sarjana (S1) angkatan VII tahun 2016/2017 STKIP Persada Khatulitiwa Sintang di Gedung Serbaguna Jl. JC. Oevang Oeray Baning Sintang, Sabtu (11/3/2017).

Pada kesempatan ini Wakil Bupati menyampaikan bahwa di Sintang memang mengalami kekurangan tenaga guru. “Setidaknya kurang lebih 2.000 guru lagi yang kita butuhkan untuk memenuhi kekurangan tenaga pengajar di seluruh Kabupaten Sintang ini,” ungkap Drs. Askiman. “kita membutuhkan tenaga guru sebanyak itu untuk mengajar di 361 desa dan 16 kelurahan yang ada di Sintang,” tambahnya.

Wakil Bupati Sintang itu menyebutkan bahwa berkitan dengan penerimaan Aparatur Sipil Negara di bidang pendidikan bukanlah hal yang mudah. “Jatah ASN kita sangat kecil sehingga dalam kebijakan yang akan diambil, ada beberapa langkah yang dilakukan oleh pemerintah Sintang,” kata Drs. Askiman.

“pertama, kita akan menyisir anggaran pemerintah daerah yang ada, sehingga bila dimungkinkan kita dapat membuka penerimaan tenga honor kontrak di bidang pendidikan,” terang orang nomor dua di Sintang itu. “sebelumnya kita harus melakukan inventarisasi real pada jumlah kebutuhan guru ini untuk disesuaikan dengan jumlah dana aderah yang dapat kita alokasikan,” terangnya lagi.

“Langkah kedua, kita akan mencermati kembali kebijakan-kebijakan yang ada di bidang pendidikan, terutama untuk sebaran guru sehingga bisa kita distribusikan dengan lebih merata,” kata Drs. Askiman. “Kita juga mengalami kendala terkait kurangnya infrastruktur sehingga menjadi hambatan dalam distribusi tenaga guru kita,” paparnya lagi.

Wakil Bupati sangat mengapresiasi keberhasilan STKIP dalam meluluskan mahasiswa didiknya, “tentunya keberadaan stkip ini dalam hal ini para lulusannya, kita harapkan dapat kita berdayakan sebagai tenaga pendidik di lembaga formal dan informal yang ada di Sintang. Untuk mencapai peningkatan sumberdaya manusia di Sintang ini sehingga kita dapat mewujudkan masayarakat Sintang yang cerdas,” tutupnya.

Ketua Perkumpulan Badan Pendidikan Karya Bangsa Sintang, Dr. Drs. Y.A.Lukman Riberu, M.Si menjelaskan bahwa sejak berdirinya STKIP Persada Khatulistiwa telah meluluskan lebih dari 2.000 orang tenaga guru. Pada wisuda kali ini ada 313 orang wisudawan dan wisudawati yang lulus dari angkatan ke VII ini.

“Para lulusan ini berasal dari 5 program studi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Biologi, Pendidikan PKN, Pendidikan Bahasa Indonesia dan Pendidikan PGSD. “Pada tahun ini kami akan menambah dua prodi baru yaitu, Pendidikan bahasa Inggris dan Pendidikan guru PAUD,” terangnya.

Lensus Kandri, Asisten III Sekretaris Wilda Provinsi Kalbar yang pada kesempatan ini hadir mewakili Gubernur Kalimantan Barat, Cornelis, menjelaskan bahwa pemasalahan terbesar dalam bidang pendidikan di Kalimantan Barat, mengenai sebaran tenaga guru. “kalau dihitung –hitung sebenarnya kita tidak terlalu kekurangan tenaga guru karena ada banyak guru menumpuk di daerah perkotaan. Hal ini tentu saja berimbas pada kekurangan tenaga guru di Pedalaman,” terang Lensus. (evy)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.sintangpost.com


© SintangPost.com | Share :