Lindra: UN SMA/SMK di Sintang Aman

by
Lindra Azmar
Lindra Azmar

SINTANG | Sintangpost.com – Pelaksanaan Ujian Nasional tingkat SMA/MA baik Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) maupun Ujian Nasional Kertas dan Pensil hingga saat ini tak mengalami kendala yang berarti.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang, Lindra Azmar memastian bahwa UN dari hari pertama maupun sampai berakhi tidak menemukan kendala yang berarti mekipun ada beberapa sekolah yang mengalami gangguan namun hal tersebut bisa cepat teratasi.

“Tidak ada kendala, baik UNBK maupun UNKP. Pada waktu hari pertama memang ada kendala terkait daya listrik di SMA N 2 karena memang meteran di ruangan UNBK berbeda dengan meteran induk. Akan tetapi, kepala SMAN 2 Sintang tanggap keadaan sehingga dalam waktu 15 menit siswa bisa langsung mengerjakan UNnya,”katanya.

Ia mengaku senang dengan pelaksanaan UNBK pada tingkat SMA/MA karena ada beberapa dampak positif yang dapat dirasakan baik oleh peserta UN, panitia UN maupun pengawas UN tersebut.

“Hingga saat ini belum ada didengar kebocoran kunci jawaban di Kabupaten Sintang. Dengan adanya UNBK ini, kebocoran soal maupun jawaban dapat diminimalisir. Tak hanya itu, panitia dan pengawas juga tidak perlu lembur hingga malam hari hanya untuk mengoreksi. Jadi intinya, UNBK lebih efektif dibanding dengan UNKP. Hanya saja karena keterbatasan sarana maupun prasarana maka tidak semua SMA/MA yang ada di Sintang bisa melaksanakan UNBK,” paparnya.

Ia juga menyampaikan standar kelulusan SMA/MA tidak hanya berpatok pada nilai siswa saat pelaksanaan UN saja namun juga dinilai dari bagaimana keseharian siswa di sekolah.

“60% penilaian dari sekolah mempengaruhi kelulusan siswa. Selain dilihat dari nilai siswa selama belajar di sekolah tersebut, sekolah juga menilai bagaimana aktivitas dan moral siswa tersebut di sekolah. Jadi intinya, pelaksanaan UN bukan menjadi patokan utama kelulusan,” tuturnya. (yul)