Legislator Desak Pemkab Bangun Jalan dan Hembatan di Serawai

by
Guntur
Guntur

SINTANG | Sintangpost.com- Anggota DPRD Sintang, Honoratus Guntur meminta Pemerintah Sintang agar segera membangun akses transportasi jalan dan jembatan di sejumlah wilayah Kecamatan Serawai. Pasalnya, terdapat enam titik di Kecamatan Serawai yang belum terbangun jalan dan jembatan.

“Saat ini masyarakat Serawai mengandalkan jalur sungai dengan menggeluarkan biaya yang begitu besar,” kata Guntur, Rabu (26/4) di Gedung DPRD Sintang.

Menurutnya, biaya yang harus dikeluarkan jika menggunakan transportasi melalui jalur sungai bisa memakan biaya kurang lebih 100 hingga 150 ribu. ” Itu tergantung jarak tempuhnya. Jika jaraknya jauh maka semakin besar juga biaya yang dikeluarkan,” katanya.

Guntur mengatakan, jika jalur transportasi darat terbangun dengan memadai maka akan meringankan ekonomi masyarakat setempat. ” Kalau ada jalur darat jelas lebih murah dan irit. Kalau tidak ada seperti saat ini ya terpaksa mau tidak mau suka tidak suka harus melalui jalur sungai,” tuturnya.

Guntur mengatakan, yang menjadi kendala saat ini adalah akses jalan dan jembatan yang belum terbangun. Meskipun demikian, ia mengaku sudah melakukan koordinasi dengan Pemerintah Daerah terkait hal itu.

“Sudah kita koordinasikan. Tapi apa yang menjadi keluhan kita di Serawai akan ditampung di anggaran perubahan nantinya,” katanya.

Sementara, Wakil Bupati Sintang, Askiman memastikan tahun 2017 ini Kecamatan Serawai maupun Kecamatan Ambalau menjadi titik perhatian serius oleh Pemerintah Kabupaten Sintang dengan enam prime mover. Bahkan, kurang lebih ada 100 miliar yang akan masuk di kedua kecamatan itu guna. Mendorong segala pembangunan.

“Di Serawai tahun ini akan dibangun Rumah Sakit Pratama. Kita berharap bangunan fisiknya terbangun secara maksimal sehingga masyarakat yang tinggal di Kecamatan Serawai maupun Ambalau bisa menikmati pelayanan kesehatan yang memadai seperti halnya di pusat kota,” katanya.

Kemudian, Askiman mengatakan tidak hanya infrastruktur kesehatan yang dibangun. Bahkan, infrastruktur jalan juga tak luput dari perhatian pemerintah Sintang. Buktinya, dana untuk pembangunan jalan di Kecamatan Serawai dan Ambalau juga telah dianggarkan pada tahun 2017 ini.

“Dengan adanya dana pembangunan itu, diharapkan dapat dikerjakan sesuai kontrak kerjanya dan tepat waktu. Sehingga, masyarakat dua kecamatan itu dapat menikmati pembangunan yang dilakukan Pemerintah Sintang,” kata Askiman.(okt)