Topik Terhangat

Sintang Terapkan Sistem Kepegawaian Berbasis Online

Senin, 08 Mei 2017. Pkl. 23:43 WIB

Dibaca :563 views

Sintang Post



SINTANG | Sintangpost.com– Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah, Marchues Afen membuka acara Sosialisasi dan Pelatihan penggunaan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pegawai Provinsi Kalimantan Barat bagi operator SKPD di Lingkungan pemerintah Kabupaten Sintang tahun anggaran 2017 di aula BPKPSDM, Senin (8/5).

Pada kesempatan ini, Afen menyampaikan bahwa penggunaan aplikasi SIMPEG merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam proses reformasi birokrasi.

“Berdasarkan Perpres nomor 81 tahun 2010, tentang grand design reformasi birokrasi, menjadi pedoman penyusunan roadmap reformasi birokrasi di semua lini pemerintahan termasuk di Kabupaten Sintang,” kata Afen.

Dikatakan Afen salah satu komponen dalam reformasi birokrasi yang telah canangkan oleh pemerintah, tata laksana dan manajem sumebr daya manusia.

“Hal ini berkaitan langsung dengan tugas pokok bidang kepegawaian secara khusus bidang sumber daya aparatur dan pengembangan data kepegawaian,” terang Afen.

Sebagai wakil pemerintah, Afen mengutarakan bahwa data kepegawaian sangatlah penting sehubungan dengan tertib administrasi di lingkungan birokrasi.

“Maka dari itu perlu dikembangkan juga sistem dan proses kerja yang mampu memfasilitasi berbagai bentuk informasi termasuk mengenai data kepegawaian sistem ini harus juga terintegrasi dan terbarukan secara berkala,” tambahnya.

Terpisah Kepala Bidang Data dan Pengembangan Pegawai Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Sintang, Agustinus mengatakan rencana penggunaan aplikasi Sistem Informasi Manajemen pegawai berbasis online di Lingkungan Pemerintah Daerah Sintang telah dimulai sejak tahun 2015 lalu.

“Pada saat ini Sintang adalah kabupaten pertama yang mensosialiasikann penggunaan aplikasi SIMPEG di Kalimantan Barat,” ungkapnya.

Dengan dimulainya penggunaan aplikasi ini lanjut Agus berimplikasi bahwa para ASN di lingkungan Pemda Sintang dapat mengakses datanya secara personal dan cepat.

“Jadi para pegawai kita dapat melihat sendiri kelengkapan data administrasi masing-masing individu, misalnya, kapan waktunya kenaikan berkala,” terang Agustinus.

Aplikasi ini bertujuan untuk mempermudah dan mengintegrasikan data kepegawaian sehingga dapat membantu percepatan proses pengambilan keputusan berkaitan dengan pelaksanaan pemerintahan secara khusus dalam hal kepegawaian.

“Secara khusus kegiatan ini bertujuan untuk kesamaan pemahaman antar operator berkenaan dengan pemutahkiran data pegawai,” tukasnya (evy)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.sintangpost.com


© SintangPost.com | Share :