Legislator: Jangan Ada Titipan Pejabat Pada PSB

by
Suasana Penerimaan Siswa Baru
Suasana Penerimaan Siswa Baru

SINTANG | Sintangpost.com- Penerimaan siswa baru untuk tingkat SD, SMP, dan SMA di Sintang serentak dilakukan pada pertengahan Juni 2017 mendatang. Menyikapi hal ini, Anggota DPRD Sintang Hamzah Sopian mengharapkan proses penerimaan siswa-siswi baru tersebut berjalan lancar, tanpa kendala apapun.

Terkait isu adanya sebagian sekolah yang masih membebani siswa baru dalam proses penerimaan dengan pungutan-pungutan yang tidak jelas, Hamzah menyayangkan hal ini.

“Jangan ada pungutan dengan alasan sebagai biaya apapun namanya. Itu tidak pantas lagi. Bikin malu pemerintah. Kan sudah ada dana BOS, juga anggaran 20 persen dari APBD, serta berbagai bentuk bantuan keuangan lainnya baik dari pusat, provinsi dan kabupaten,” katanya.

Menurut dia Kalaupun terpaksa harus dilakukan pungutan pada penerimaan siswa baru tersebut, maka mesti melalui persetujuan komite sekolah.

“Di luar masalah itu, kami mendukung setiap upaya Dinas Pendidikan, beserta pihak sekolah yang sedang sibuk-sibuknya menerima siswa tahun ajaran baru ini. Juga penghargaan pada pihak sekolah yang telah menelurkan anak didik berprestasi yang menjadi kebanggaan Sintang ,”katanya

Ia berharap anggaran 20 persen untuk pendidikan tahun ini dapat digunakan maksimal dan tepat sasaran sesuai kebutuhan dunia pendidikan di Sintang. Utamanya untuk sarana dan prasarana sekolah seperti rehab bangunan dan rumah guru.

“Yang pasti kami DPRD sangat mendukung segala kegiatan yang berkaitan dengan dunia pendidikan. Bahkan bila dipandang perlu dan keuangan memungkinkan, anggaran pendidikan tahun berikutnya bisa saja didongkrak lebih dari 20 persen,” tegasnya.(okt)