Dewan Desak Pemkab Sintang Cari Solusi Terhadap Matinya Tanama Lada di Perbatasan

by
Heri Jamri
Heri Jamri

SINTANG | Sintangpost.com- Banyaknya masyarakat perbatasan yang mengeluhkan tanaman lada mati akibat adanya pembusukan membuat anggota DPRD Sintang Heri Jamri angkat bicara.

Ditemui di gedung DPRD Sintang Politisi Hanura ini mengakui kekesalan terhadap pemerintah daerah Sintang. Menurut dia selama ini Pemkab Sintang diminta untuk mencarikan solusi terhadap virus yang menyerang tanaman lada di perbatasan Ketungau.

“Selama ini pemerintah daerah terkesan tutup mata terhadap penderitaan masyarakat perbatasan. Bahkan sejauh ini belum ada tindakan-tindakan yang menyelamatkan petani lada di daerah perbatasan,”katanya.

Menurut Politisi Ketungau ini lada masih menjadi tumpuan hidup masyarakat perbatasan di tengah tidak menentunya harga komoditas lain seperti sawit dan karet. Keberadaan budidaya lada menggerakkan perekonomian masyarakat perbatasan.

“Kalau kita mau jujur tidak ada satu sen pun pemerintah membantu petani dalam berkebun lada. Jadi kita minta disini ada kepedulian pemerintah terhadap petani lada, kalau pemerintah mau stabil rakyatnya harus kenyang dulu donk jangan terkesan dibiarkan seperti sekarang,”jelasnya.

Untuk itu Heri Jambri berharap kepada pemerintah Jarot-Askiman untuk peduli terhadap penderitaan masyarakat petani lada yang ada di perbatasan.

“Kita harapkan pemerintahan JAS pedulilah terhadap masalah ini sesuai program beliau membangun dari pinggiran,”katanya lagi.(okt)