Topik Terhangat

Dewan Minta Lelang Jabatan Jangan Ada Like and Dislike

Selasa, 11 Juli 2017. Pkl. 22:41 WIB

Dibaca :319 views

Sintang Post



SINTANG | Sintangpost.com- Anggota DPRD Sintang Hardoyo mengungkapkan dirinya mendorong Pemerintah Kabupaten Sintang untuk dapat melakukan lelang jabatan guna mengisi jabatan kepala dinas sesuai dengan susunan organisasi perangkat daerah yang baru.

Menurutnya, dengan melakukan lelang jabatan, maka seleksi bisa menghasilkan pejabat struktural yang benar-benar berkualitas dan mampu menjalankan tugas sesuai tupoksinya.

“Pada prinsipnya penempatan pegawai untuk mengisi jabatan haruslah orang yang tepat di tempat yang tepat, the right man in the right place,” katanya.

Oleh karena itu, untuk memunculkan kompetensi tersebut maka dalam perekrutan juga harus dilihat kembali hierarki jabatan lamanya sehingga bisa ter-connect dengan jabatan yang baru.

“Jadi jangan sampai yang bersangkutan ketika sudah mendudi jabatan baru jangan tidak tau sama sekali,,”jelasnya.

Selain itu, lanjut PolitisiPKPI ini perlu pertimbangan dari Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) dan masukan-masukan dari BKD.

Ia berpendapat, dalam pelaksanaan lelang jabatan secara terbuka untuk mengisi suatu jabatan bukan terletak pada masalah cepat atau lambatnya sebuah proses. Namun lebih pada menempatkan seseorang yang benar-benar mempunyai kompetensi yang sesuai bidangnya.

“Saya rasa rekam jejak itu penting supaya jika terpilih menduduki jabatan baru bisa bekerja dibidanganya,”tukasnya.

Kabid Data dan Pengembangan Pegawai, BKPSDM Sintang, Agustinus mengatakan, hingga kini waktu pelaksanaan lelang jabatan dimaksud belum bisa dipastikan.

“Beberapa waktu lalu kita sudah mengirimkan surat permohonan dan petunjuk teknis kepada Komisi ASN dalam pelaksanaan kegiatan lelang jabatan tersebut, namun sampai hari ini belum ada kepastiannya,”katanya.

Dikatakan, sekarang pihaknya masih menunggu surat balasan dari Komisi ASN. Jika nantinya sudah keluar rekomendasi, maka dapat segera dibuka pendaftaran dan dilakukan seleksi.

“Kita harapkan secepatnya ada surat balasan dari komisi ASN,”katanya.

Namun begitu Agustinus mengatakan untuk mekanismenya nanti seperti biasa, dimulai dari membuka pendaftaran. Setelah itu seleksi berkas, dilanjut tertulis tertulis, wawancara, serta pembuatan karya ilmiah yang berkaitan dengan SKPD yang akan dilelang.

“Untuk tim penguji nanti pihaknya mengoptimalkan SDM yang ada. Menggunakan tiga penguji dari perguruan tinggi dan dua orang mantan pejabat di lingkungan pemkab Sintang,”jelasnya. (okt)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.sintangpost.com


© SintangPost.com | Share :