Topik Terhangat

Legislator Harap Dana DAK Tak Terpotong

Kamis, 13 Juli 2017. Pkl. 21:15 WIB

Dibaca :323 views

Sintang Post



SINTANG | Sintangpost.com- Pemerintah kabupaten Sintang optimis dana alokasi khusus (DAK) mampu terserap maksimal. Karena itu, kecil kemungkinan proyek yang didanai DAK dipotong jika akibat rendahnya serapan anggaran.

“Kita optimis tidak sampai dipotong,” kata Wakil Bupati Sintang Askiman baru-baru ini.

Menurut Askiman pemerintah pusat memberi waktu sampai 21 Juli untuk DAK paling lambat harus sudah kontraktual. Proyek pembangunan yang DAK bila tidak tuntas sampai kontraktualnya maka akan dipotong, sesuai waktu yang ditentukan. Pemkab terus bekerja agar dana yang sudah dialokasikan ke SIntang tidak lagi ditarik ke pusat.” Optimis 21 Juli sudah terserap semua,” kata Askiman.

Askiman menambahkan kini proyek pembangunan yang didanai DAK sudah hampir 100 persen telah dilelang. Kendati masih ada yang masih ditunggu pengumumannya lelangnya. Hanya saja persentasenya tidak besar. Namun diupayakan lelangnya bisa segera dilakukan dalam waktu dekat, agar bisa tuntas sebelum tanggal 21 Juli.

Karena itu, Askiman optimis penyerapan anggaran DAK dapat berjalan dengan baik. Pemotongan diharapkan tidak terjadi. Maka, pemkab terus bekerja agar pembangunan dapat terealisasi sesuai dengan perencanaan. “Yakin dapat berjalan sebagaimana mestinya,” kata Askiman.

Terpisah Anggota DPRD Sintang Hardoyo berharap adanya transfer dana yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK ) untuk Kabupaten Sintang dapat disalurkan sesuai peruntukannya.

“Kita berharap transfer dana dari pemerintah pusat untuk bisa di salurkan lebih awal. Mengingat selama ini adanya keterlambatan DAK yang disalurkan ke daerah, sehingga mengakibatkan adanya keterlambatan kegiatan, ”kata Hardoyo

Dengan adanya transfer dana dari pusat, Hardoyo mengingatkan kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) harus lihai memanfaatkan anggaran dari Pemerintah Pusat. Apa lagi di tengah mewabahnya ‘virus’ defisit anggaran di sejumlah daerah di Indonesia. Termasuk di Kabupaten Sintang.

“Adanya dana DAK sangat berpengaruh terhadap pembangunan sebuah daerah. Makanya, anggaran itu harus difungsikan secara maksimal dan disalurkan 100 persen kepada kebutuhan masyarakat,”jelasnya.

Menurutnya, penggunaan DAK itu harus disinkronkan dengan inovasi setiap SKPD. Sebab, setiap penggunaan dana selalu ada pertanggungjawabannya.

“Harapan kita dana DAK ini bisa disalurkan sesuai kebutuhan pembangunan di Kabupaten Sintang ini,”tukasnya. (okt)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.sintangpost.com


© SintangPost.com | Share :