Dapat Remisi, Delapan Napi Lapas Sintang Langsung Bebas

by
Bupati Jarot Winarno secara simbolis menyerahkan remisi kepada sejumlah napi, dalam upacara pemberian remisi di Lapas Sintang, Kamis (17/8)
Bupati Jarot Winarno secara simbolis menyerahkan remisi kepada sejumlah napi, dalam upacara pemberian remisi di Lapas Sintang, Kamis (17/8)

SINTANG | Sintangpost.com- Sedikitnya ada 185 penghuni Lapas Kelas II-B Sintang yang mendapat remisi atau pengurangan masa tahanan pada perayaan HUT ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia. Dari jumlah ini, yang mendapat remisi bebas langsung pada 17 Agustus 2017 adalah sebanyak 8 orang.

Pada kesempatan itu, bupati Sintang Jarot Winarno menyerahkan remisi kemerdekaan kepada warga binaan lapas Kelas II-B Sintang yang disaksikan, wakil bupati Sintang Askiman serta Forkopinda dilingkungan Pemkab Sintang, Kamis (17/8).

Bupati Sintang dalam sambutannya mengimbau seluruh warga binaan menjadikan masa-masa selama di lapas sebagai pelajaran untuk memperbaiki dan mendekatkan diri kepada Tuhan dan terus mengasah keterampilan agar saat bebas nanti, bisa mencari nafkah halal.

“Berada di sini bukan akhir dari segalanya, kalian masih memiliki kesempatan hidup seperti orang lain. Selama napas masih di kandung badan, semuanya masih memiliki kesempatan untuk berubah menjadi orang baik,” pesan Bupati Jarot.

Sementara itu, Kalapas Klas II B Sintang, Pudjiono Riadi mengatakan pihaknya telah mengajukan 196 narapidana untuk mendapatkan remisi umum pada Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 tahun 2017 kepada Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.

“Kita mengajukan 196 narapidana untuk mendapatkan remisi umum pada momen ini, yang disetujui ada 183 narapidana. Delapan orang telah mendapatkan remisi umum dua, artinya masa tahanan di Lapas Klas II B Sintang telah selesai dan bisa langsung menghirup udara bebas di luar Lapas Klas II B Sintang,” jelasnya. (okt)