Topik Terhangat

Tinjau Lokasi Kebakaran, Jarot Janji Permudah Perizinan

Rabu, 30 Agustus 2017. Pkl. 08:13 WIB

Dibaca :371 views

Sintang Post



SINTANG | Sintangpost.com-Dua Hari pasca kebakaran, bupati Sintang Jarot Winarno langsung tergerak hatinya begitu mengetahui adanya 12 ruko di Jalan MT Haryono yang rata dengan tanah pada Minggu (27/8).

Karena itu, Selasa (29/8) pagi kemarin, Bupati Sintang Jarot Winarno menyempatkan waktunya untuk menyambangi lokasi kebakaran. Orang nomor satu dibumi senentang ini menemui warga setempat yang menjadi korban kebakaran.

Selain menghibur warga setempat, ia juga banyak berbincang soal pentingnya kewaspadaan untuk menghindari potensi kebakaran. Terutama instalasi listrik yang belakangan paling mendominasi penyebab kebakaran di kota ini.

“Kita memang tidak pernah bosan mengimbau warga supaya selalu waspada akan bahaya kebakaran. Sambungan listrik yang sudah tua, supaya diperhatikan kembali untuk menghindari potensi kebakaran. Apalagi di musim panas seperti saat sekarang,” ujarnya.

Bahkan bila perlu lanjut dia, kedepan peremajaan jaringan listrik digencarkan. Itu bisa dilakukan bersama Pemda Sintang. Asalkan ada kesediaan warga untuk hal tersebut

“Intinya dipetakan dulu apakah di lokasi ini instalasinya perlu diremajakan ataukah tidak. Nanti baru bisa ditindaklanjuti,” katanya

Untuk penyebab segala kebakaran, kata Jarot, pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada pihak kepolisian. Sebab, kepolisian saat ini masih melakukan penyelidikan secara intens terkuat insden kebakaran tersebut.

“Kita serahkan sepenuhnya kepada teman-teman di kepolisian untuk menyelidiki insiden kebakaran itu,” ujarnya.

Tidak hanya itu, Jarot juga memastikan akan mempermudah segala perizinan bagi pemilik yang ingin mendirikan bangunan pasca insiden kebakaran.

“Kalau sudah penyelidikan TKP selesai. Bagi pemilik bangunan yang ingin membangun kembali pemerintah siap memberikan kemudahan dalam bentuk perizinan seperti mengeluarkan IMB pendahuluan,” katanya.

Terpisah Manager Pemasaran Yamaha Wilayah Kalimantan Barat, Ardiyanto mengaku belum mengetahui angka pasti kerugian yang dialami oleh Yamaha pasca insiden kebakaran.

“Kita belum tahu berapa total kerugian yang dialami. Karena saat ini kita masih berusaha mencari puing puing motor dan sperpark yang terbakar. Jadi belum bisa kita taksir berapa kerugian yang dialami,” kata Ardiyanto.

Ardiyanto mengatakan ketika kebakaran terjadi pihaknya berhasil mengeluarkan kurang lebih 40 unit kendaraan roda dua dari berbagai merk. Sementara, kendaraan yang ikut terbakar belum diketahui berapa angka pastinya.

“Belum tahu berapa kendaraan yang terbakar,” ujarnya.

Ardiyanto mengatakan untuk data pelanggan masih aman. Sebab, seluruh data pelanggan yang ada sudah tersistem secara online.

“Data pelanggan kita sudah menggunakan sistem online. Jadi aman kalau untuk data pelanggan,” ungkapnya.(okt)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.sintangpost.com


© SintangPost.com | Share :