Topik Terhangat

Jarot Minta Kader Kesehatan Berikan Pemahaman Kepada Masyarakat

Selasa, 12 September 2017. Pkl. 20:01 WIB

Dibaca :324 views

Sintang Post



SINTANG | Sintangpost.com- Bupati Sintang Jarot Winarno membuka workshop upaya peningkatan kualitas kader pusat kesehatan masyarakat dan puskesmas pembantu bidang kesehatan di Lantai 3 Ballroom Hotel My Home Sintang, Selasa (12/9/).

Workshop diinisiasi Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDT & Trans) bekerjasama dengan Universitas Gajahmada (UGM) Yogyakarta

Bupati Sintang Jarot Winarno menegaskan ada tiga pilar dalam pembangunan kesehatan yakni paradigma sehat, penguatan pelayanan kesehatan dan meng-cover semuanya dengan asuransi kesehatan dan jaminan kesehatan.

“Paradigma sehat itu bagaimana kita bisa menciptakan kesehatan baik. Kesehatan merupakan arus utama dalam kehidupan,” ungkapnya.

Sebagai kader kesehatan di Desa lanjut Jarot harus dapat memberikan pemahaman pemberdayaan kepada masyarakat, serta memberikan penguatan untuk menyampaikan pentingya kesehatan,

“Yang penting kita bisa meraih kemenangan untuk mendapatkan keberhasilan Indonesia yang sehat, dan yang paling penting kita tidak bisa berhasil tanpa adanya pemberdayaan kepada masyarakat,”jelasnya

Sementara itu Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, DR. Sutata mengatakan kegiatan peningkatan kapasitas masyarakat dibidang kesehatan ini dilaksanakan dalam 3 hari.

Sutata menambahkan tujuan kegiatan dilaksanakan untuk dapat meningkatkan upaya promosi gaya hidup masyarakat di kawasan perbatasan.

“Dengan dilaksanakan kegiatan ini ingin tahu relasi antara penyakit menular dan penyakit tidak menular, penyakit menular seperti malaria, dan penyakit jantung, diabetes,”katanya.

Perwakilan Universitas Gajahmada Yogyakarta (UGM), Sofia Adriana mengatakan kegiatan ini dilaksanak di 10 Kabupaten di Seluruh Indonesia, salah satunya ialah di Kabupaten Sintang.

“Dengan demikian pelaksanaan ini sesungguhnya menjadi fungsi pelaksanaan yang perlu dikembangkan dan disinergisitaskan antara pemangku kepentingan untuk dapat memahami permasalahan yang terjadi,”tukasnya. (okt)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.sintangpost.com


© SintangPost.com | Share :