PKK Sintang Gelar Bimtek LP3PKK

by
Sekda Sintang Membuka Bimtek LP3PKK
Sekda Sintang Membuka Bimtek LP3PKK

SINTANG | Sintangpost.com- Sebanyak 48 desa yang ada di Kabupaten Sintang mengikuti pelatihan tentang 10 program pokok PKK dan pengelola program penyuluhan bagi tim penggerak PKK atau LP3PKK. Kegiatan ini dilaksanakan selama satu hari penuh, dilaksanakan di pondopo rumah dinas bupati, Senin (18/9).

Dalam sambutannya, Sekda Sintang Yosepha Hasnah mengatakan, gerakan PKK sudah cukup dewasa dengan usia gerakan PKK yang dimulai tahun 1972, yang merupakan gerakan nasional dalam pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah untuk menuju terwujudnya keluarga sejahtera.

“Dengan gerakan yang cukup dewasa ini, PKK Sintangingin lebih meningkatkan program, termasuk melakukan berbagai pembekalan kepada wilayah kecamatan, sehingga ke depan mampu membangun masyarakat agar lebih berdaya guna,” katanya.

Yosepha juga menambahkan peran PKK kabupaten kota sanggatlah penting menggingat dari data dinas catatan sipil provinsi kalimantan barat jumlah anak tidak sesuai dengan jumlah akte kelahiran yang ada.

“Dalam hal ini penting bagi kita untuk mendata jumlah penduduk yang ada di desa supaya jangan sampai anak kehilangan hak hak identitas hubungan terhadap ibu dan bapak kandung,”tegasnya.

Yosepha menghimbau kepada semua peserta supaya dapat mempelajari dari semua administrasi kependudukan sebab menjadi prioritas pemerintah daerah khususnya untuk daerah pedalaman dan sangat penting melibatkan PKK yang dapat memberikan wawasan untuk dokumen kependudukan di desa,”tuturnya.

Ketua fokja I team pengerak Pkk kalimantan barat Rini Setiawati mengatakan prioritas program fokja I adalah penghayatan dan pengalaman pancasila dan gotong royong ini dapat dilakukan sampai ke pkk desa.

“Adapun faktor pendukung pengadministrasian pkk adalah adanya kelembagaan pkk di semua lini pusat dan daerah,adanya kader kader pkk yang relatif tersebar di pedesaan yang berdedikasi dan sudah terlatih,mempunyai program kerja yang jelas yang dapat di terima di masyarakat, adanya dukungan dewan penyantun /pembina TPPKK kecamatan dan desa,”tukasnya. (okt)