Topik Terhangat

DPRD Sintang Kunker ke Lombok

Pelajari Sistem Hak Masyarakat Adat

Senin, 06 November 2017. Pkl. 21:18 WIB

Dibaca :235 views

Sintang Post



SINTANG | Sintangpost.com- Untuk mempertahankan hak adat yang ada di Kabupaten Sintang, sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang melakukan study banding ke DPRD Kabupaten Lombok, Jumat kemarin (3/11).

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sintang, Terry Ibrahim mengungkapkan studi banding yang dilakukan oleh DPRD Kabupaten Sintang ke DPRD Kota Lombok merupakan salah satu usaha dari DPRD Kabupaten Sintang untuk mempertahankan hak-hak adat yang ada di Kabupaten Sintang.

“Hak-hak adat yang dipertahankan oleh orangtua terdahulu sudah mulai terkikis. Untuk itu kami melakukan studi banding ke DPRD Kota Lombok untuk memperoleh referensi raperda tersebut,” ucap politisi Partai Nasdem ketika dikonfirmasi via telepon selular, Senin (6/11).

Menurutnya, ada beberapa hal yang merupakan bagian dari hak-hak adat yang harusnya diterima dan dipertahankan oleh masyarakat adat, salah satunya adalah mempertahankan tanah dan tumbuhan kayu.

“Ada beberapa warisan kakek nanek kita terdahulu, misalnya tanah, tumbuhan, kayu dan sejumlah hal lainnya.
Namun hal itu sudah mulai tergerus, salah satu dengan adanya pembukaan lahan perkebunan sawit,” ujarnya.

Ia juga mengatakan dengan adanya kunjungan DPRD Kabupaten Sintang ke DPRD Kota Lombok, pihaknya mendapatkan referensi pembuatan raperda inisiatif mengenai hal adat.

“60 %, raperda yang disahkan oleh DPRD Kota Lombok adalah raperda hak inisiatif. Untuk itu, penting bagi kami melakukan study banding untuk referensi kita dalam pembuatan raperda hak inisiatif kedepannya,” tukasnya. (yul)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.sintangpost.com


© SintangPost.com | Share :