Delapan Fraksi Sampaikan Saran dan Masukan

by
Frasi PDIP Menyerahkan Pandangan Umum Raperda APBD 2018 kepada Wakil Bupati
Frasi PDIP Menyerahkan Pandangan Umum Raperda APBD 2018 kepada Wakil Bupati

SINTANG | Sintangpost.com- DPRD Sintang menggelar Rapat Paripurna ke 7 Masa persidangan III pemandangan umum fraksi-fraksi terhadap nota keuangan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang APBD Sintang tahun anggaran 2018, Senin (13/11).

Rapat dipimpin Ketua DPRD Sintang Jeffray Edward didampingi dua Wakilnya Sandan Terri Ibrahim. Turut hadir Wakil Bupati Sintang Askiman, Staf Ahli, para Asisten serta seluruh Kepala OPD di lingkup Pemda Sintang.

Delapan fraksi silih berganti menyampaikan pandangannya. Pandangan pertama disampaikan Fraksi PDI Perjuanagan yang dibacakan Alan. Dalam pemaparannya fraksi dengan komposisi enam kursi itu menyoroti masih minimnya sarana dan prasarana infrastruktur di Kabupaten Sintang.

“Secara khusus di perhuluan kecamatan Serawai dan Ambalau yang selama ini infrastruktur jalan dan jembatan masih jauh yang diharapkan,”terang Alan.

Selain itu Frksi PDI Perjuangan ini memimta kepada semua pihak untuk tidak terprofokasi terhadap isu-isu yang berkembang selama ini. Apalagi menurut Alan Kalbar memasuki tahun politik dimana ada pemilihan Gubernur.

“Kita berharap masyarakat menahan diri. Kita juga meminta kepada Dukcapil untuk proaktif mendata setiap identitas orang yang masuk khususnya di Sintang,”jelas Alan.

Pandangan selanjutnya disampaikan oleh Fraksi Gerindra yang dibacakan oleh Julian Sahari. Dalam pemaparannya Fraksi Gerindra mengapresiasi kinerja Pemkab Sintang yang telah banyak memberikan kontribusi terhadap pembangunan di bumi Senentang.

“Semoga sisa kepemimpinan JAS (Jarot Askima) kedepan bisa lebih ditingkatkan. Ini semua untuk kesejahtraaan masyarakat,”kata Julian.

Kemudia pandangan umum ketiga disampaiakn oleh Fraksi Nasdem yang dibacakan oleh Florensius Roni. Dalam pandangannya Fraksi Nasdem berharap pelaksanaan APBD tahun 2018 bisa dimaksimalkan dengan baik oleh pemerintah daerah.

“Kami berharap APBD 2018 bisa memberikan dampak pembangunan di seluruh kabupaten Sintang meskipun anggaran terbatas,”kata Forensius Roni.

Selanjutnya pandangan umum Fraksi Demokrat melalui juru bicaranya Markus Jembari meminta kepada pemerintah Sintang untuk melakukan trobosan-trobosan dalam rangka meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Kendati PAD Sintang mengalami peningkatan, namun partai besutan SBY tersebut menilai masih banyak sumber-sumber yang belum digali secara optimal.

Pandangan selanjutnya disampaikan oleh Fraaksi PKB yang dibacakan oleh Mainar Sari. Dalam pandangannya Fraksi PKB meminta kepada pemerintah daerah membangun jaringan komunikasi berupa tower di Sepauk Hulu.

“Hingga saat ini informasi sangat sulit masuk ke daerah tersebut bahkan masyarakat juga sulit memberikan informasi keluar. Untuk itu kami berharap ada perhatian pemkab Sintang terhadap hal tersebut,”kata Mainar Sari.

Selain itu Fraksi Golkar melalui juru bicaranya Melkianus meminta kepada pemerintah Sintang untuk melakukan pemerataan guru kontrak. Sebab menurutnya jumlah guru masih sangat minim dibandingkan jumlah siswa yang ada.

Fraksi besutan Setnov tersebut juga berharap supaya penerimaan Guru Garis Depan (GGD) bisa mengakomodir putra-putri daerah. “Kalau kita mau jujur SDM orang daerah tidak kalah dengan orang kota. Untuk itu kedepan penerimaan GGD bisa sejajar,”kata Melkianus.

Sementara itu Fraksi PKP Indonesia melalui juru bicaranya Hardoyo meminta kepada pemerintah melalui dinas terkait untuk melakukan sosialisasi terhadap kasus DBD di Kabupaten Sintang.

“Kami berharap ada tindakan nyata yang dilakukan pemerintah terhadap kasus DBD seperti melakukan foging di lingkungan sekolah maupun lingkungan yang padat penduduknya,”kata Hardoyo.

Fraksi PKP Indonesi ini juga kepada dinas PU untuk dapat melanjutkan pekerjaan jalan dari dusun Natai Bunyau desa Ngkerangan menuju desa Nanga Lidau, dan desa Mentunai menuju desa Pengkadan Sungai Rupa kecamatan Dedai melalui progran UPJJ pada APBD 2018 mendatang.

Terakhir, pemandangan umum Fraksi Amanat Persatuan yang dibacakan oleh Anton Isdianto Tak banyak hal yang disoroti Fraksi ini. Dalam penjelasannya Fraksi Amanat Persatuan meminta kepada pemerintah daerah untuk segera memperbaiki jalan dan jembatan mekar jaya kecamatan Sintang.

Usai pemandangan umum delapan fraksi dibacakan, rencananya, Selasa (14/11) besok Wakil bupati Sintang Askiman akan menanggapi pemandangan umum fraksi di Gedung DPRD Sintang. (okt)