Jarot Apresiasi Film Sejawat

by
Bupati Sintang Jarot Winarno Memberikan Bingkisan Kepada Sutradara Film Sejawat
Bupati Sintang Jarot Winarno Memberikan Bingkisan Kepada Sutradara Film Sejawat

SINTANG | Sintangpost.com- Bupati Sintang Jarot Winarno mengapresiasi pemutaran perdana film drama berjudul Sejawat yang menggambarkan kehidupan masyarakat Kabupaten Sintang dan disutradarai putra daerah Sintang.

“Film ini bagus karena dikemas orang seorang profesional. Apalagi latar belakang pendidikan sutradaranya dari IKJ,”kata Jarot Usai nonton Bareng di Gedung Seni, Selasa (22/11) malam.

Menurut Jarot Pemerintah Kabupaten Sintang mendukung penuh untuk sebuah film karya anak bangsa apalagi yang disaksikan filem ini karya asli anak Sintang.

“Saya berharap kedepannya akan ada kerjasama dengan Pemkab Sintang dengan pihak pembuat film, terutama mencolok pada budaya asli Sintang,” kata Jarot.

Jarot menambahkan bahwa kedepannya kualitas dari film ini perlu ditingkatkan kembali agar lebih menarik, dan perlu ditingkatkan lagi dari segi long shoot seperti diperlihatkanlah budaya asli Sintang, kemudian detail-detail diambil secara Close Up,Jelas Jarot.

Sementara itu, Sutradara film Sejawat, Wahyu Gunawan menjelaskan lama proses pembuatan film Sejawat ini, selama 1 tahun, kemudian proses shooting-nya ini selama 7 hari.

“Karena ini sifatnya film pendek, jadi kita memaksimalkan kondisi para pemain, karena pemain dan crewnya asli orang Sintang, akan tetapi ada beberapa spesialis DOP saya bawa dari Jakarta yang tentunya ingin memperkenalkan produksi film kepada masyarakat Sintang,”katanya.

Kewek sapaan akrabnya melanjutkan, bahwa film ini menceritakan tentang kebijakan menyikapi hubungan persahabatan,
“Saya ingin didalam persahabatan itu bagaimanapun ada sesuatu itu harus saling membantu, dan membuat hubungan persahabatan menjadi erat,”jelasnya.

Menurut Kewek, film ini dibuat dalam rangka tugas akhir dari kuliahnya di Institut Kesenian Jakarta jurusan Perfilman dengan ide pemikiran untuk memperkenalkan potensi pariwisata di Sintang.

“Ide cerita ini diambil dari pengalaman pribadi kemudian dikemas semenarik mungkin, yang bertujuan untuk memperkenalkan Kabupaten Sintang dari sisi pariwisata, tradisi dan budayanya,”tukasnya. (okt)