Harga Sembako di Sepauk Jelang Natal Masih Stabil

by
Agustinus Aci
Agustinus Aci

SINTANG | Sintangpost.com- Kota Kecamatan Nanga Sepauk, sebagai kota kedua terbesar di Kabupaten Sintang setelah kota Sintang, adalah ibukota kecamatan Sepauk. Warga pedalaman Sepauk, khususnya warga yang berada di sepanjang jalan (main road) eks PT. Kayu Lapis, dimasa lalu lebih banyak berbelanja ke kota Sekadau ketimbang ke Nanga Sepauk.

Menurut Anggota DPRD Sintang dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sepauk-Tempunak, Agustinus, Rabu (29/11/2017), saat sekarang kondisinya telah terbalik, yakni lebih banyak warga pedalaman yang berbelanja ke Nanga Sepauk ketimbang harus ke kota Sekadau.

“Meskipun bagi warga di KM 38 hingga Km 68 desa Sungai Segak, jarak ke Sekadau lebih dekat, mereka sekarang lebih suka berbelanja di kota Nanga Sepauk. Mungkin karena semakin membaiknya ruas jalan Sirang Setambang – Temanang, juga karena sekarang ruas jalan Kayu Lapis sudah banyak yang rusak dan tidak ada kendaraan angkutan umum lagi,” terang pria yang akrab dipanggil Aci ini.

Masih menurut Politisi PDI Perjuangan ini, sebagai kecamatan dengan penduduk Nasrani terbanyak, menjelang natal nantipasar Sepauk akan kebanjiran orang belanja. Namun untuk kondisi saat ini, belum ada keluhan mengenai ketersediaan bahan-bahan pokok di pasar.

“Biasanya, jika tenggang waktunya masih beberapa pekan, yang biasa dibelanja orang adalah jenis bahan pokok tahan lama, seperti tepung-tepungan, gula pasir dan minyak goreng. Saya yang memang tinggal di lingkungan pasar, dapat mengetahui kondisi ketersediaan bahan-bahan pokok tersebut. Sekarang masih normal-normal saja, kecuali Gas Elpiji 3 Kg, yang kadang-kadang kosong,” terangnya. (krs)