APBD Sintang Disetujui, Dewan Harap Proses Lelang Lebih Awal

by
Gabungan Komisi DPRD Sintang Memberikan Catatan Kepada Pemerintah Sintang pada Pengesahaan APBD 2018
Gabungan Komisi DPRD Sintang Memberikan Catatan Kepada Pemerintah Sintang pada Pengesahaan APBD 2018

SINTANG | Sintangpost.com- Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Sintag Tahun 2018, telah ditetapkan melalui rapat paripurna yang digelar gedung DPRD Sintang, Kamis (30/11).

Rapat yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kutim Mahyunadi yang juga hadiri bupati Sintang Jarot Winarno, Forkopinda serta anggota dewan lainnya menetapkan APBD Sintang sebesar Rp 1,8 Triliun.

Melalui juru bicara gabungan Komisi Melkianus berharap APBD 2018 yang telah ditetapkan nantinya bisa menyelesaikan berbagai persoalan yang dialami masyarakat. Seperti pemenuhan infrastruktur dasar dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Selain itu APBD Tahun 2018, diharapkan telah sesuai dengan visi misi Pemerintah Kabupaten Sintang.

“Kami sangat mengharapkan APBD Tahun anggaran 2018 yang sudah disahkan hari ini dilaksanakan dengan sebaik-baiknya serta memberikan dampak pembangaunan di kabupaten Sintang ini,” kata Melkianus.

Selain itu, kata Melkianus ke depan dewan sangat mendukung agar pemerintah daerah mengupayakan pengadaan barang dan jasa jauh lebih awal. Sehingga serapan anggaran tidak menumpuk di akhir tahun dan menjadi silpa.

“Karena jika terlambat melakukan lelang, bisa jadi akan berbenturan di akhir tahun. Bahkan bisa saja pekerjaan kejar-kejaran dengan waktu dan cuaca yang kadang-kadang kurang bersahabat di akhir tahun,” katanya.

Dewan lanjutnya, juga berharap APBD tahun-tahun berikutnya semakin meningkat, sehingga aspirasi prioritas masyarakat yang disampaikan melalui perencanaan pembangunan semakin banyak yang bisa terakomodir.

“Sehingga infrastruktur dasar dan program wajib pemerintah bisa terpenuhi dan pelayanan terhadap publik juga akan semakin meningkat,” pungkasnya.

Terkait itu, Bupati Sintang Jarot Winarno menyampaikan, bahwa apa yang jadi catatan gabungan komis di DPRD Sintang adalah masukan yang baik bagi jajarannya. Sehingga kedepannya, penyusunan APBD Sintang bisa dibenahi lagi dan disajikan selengkap mungkin.

sementara itu total APBD yang disahkan terdiri dari Belanja Langsung Rp 1,27 Miliar, Belanja Tidak Langsung sebesar Rp 573,9 Miliar. Sementara pendapatan daerah terdiri dari Pendapatan Asli Daerah sebesar Rp 167,7 Miliar serta Dana Perimbangan sebesar Rp 4,15 miliar.

Sedangkan penerimaan yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) tahun anggaran sebesar Rp909,4 milyar. Sedangkan dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp372,4 milyar yang terdiri atas dak fisik dan dak non fisik. (okt)