Topik Terhangat

DPRD Minta Pemkab Antisipasi Lonjakan Harga

Jelang natal dan tahun baru

Senin, 04 Desember 2017. Pkl. 22:38 WIB

Dibaca :306 views

Sintang Post



SINTANG | Sintangpost.com- Meski harga sejumlah kebutuhan pokok di pasaran khususnya di Kabupaten Sintang jelang Lebaran terbilang masih stabil, namun tidak menutup kemungkinan terjadi lonjakan harga secara tiba-tiba. Ini jika dilihat dari pengalaman di tahun sebelumnya.

Atas dasar itulah, DPRD Kabupaten Sintang meminta Disperindagkop dan UKM Kabupaten Sintang melakukan antisipasi lonjakan harga sembilan bahan pokok (Sembako). Apalagi, kerap muncul dugaan adanya ulah oknum spekulan yang memanfaatkan momen puasa dan Lebarandengan menimbun stok sembako.

Anggota DPRD Sintang Hardoyo menegaskan, Disperindagkop dan UKM sedianya sudah mulai melakukan operasi pasar dan melakukan pemantauan harga. Sehingga antisipasi me­rangkaknya harga kebutuhan pokok jelang lebaran nanti sudah dilakukan sejak dini.

Dikatakannya, jika tidak sedini mungkin, tidak menutup kemungkinan harga sejumlah komoditi terutama kebutuhan pokok yang biasanya diperlukan saat lebaran akan mengalami lonjakan harga.

Sebab kata dia, ini bercermin dengan pengalaman-pengalaman di tahun sebelumnya dimana setiap tahun menjelang lebaran, ada saja kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan harga.

“Kalau tidak segera mengambil langkah antisipasi, khawatirnya harga kebutuhan pokok merangkak naik dan ini akan menambah beban masyarakat. Apalagi kebutuhan masyarakat saat Lebaran meningkat. Sehingga jumlah permintaan dipasaran pun juga meningkat, yang tidak menutup kemungkinan akan dimanfaatkan oleh spekulan melakukan permainan harga,” jelasnya.

Menurutnya, terjadinya lonjakan harga jelang Lebaran sudah menjadi tradisi. Tidak hanya di Sintang, tapi juga terjadi di daerah lain. Untuk itu, instansi terkait harus peka menanggapi persoalan ini.

“ Kalau instansi terkait segera mengambil tindakan tentunya persoalan ini bisa diatasi,” katanya

Selain itu, dirinya juga, mengingatkan agar Disperindag juga melakukan pemantauan persediaan kebutuhan pokok di sejumlah distributor dan agen penyalur yang ada di Sintang. Ia khawatir, akibat tingginya jumlah permintaan di pasar, berakibat sejumlah kebutuhan kehabisan stok.

“Khusus sembako, itu yang dikhawatirkan mengalami kelangkaan. Apalagi jelang lebaran, tidak menutup kemungkinan ada upaya yang dilakukan oknum tertentu menimbun kebutuhan pokok,” terangnya.

Asalkan ada upaya untuk melakukan antisipasi dan instansi terkait giat melakukan pemantauan di sejumlah pasar, hal ini pasti bisa teratasi,” harapnya (okt)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.sintangpost.com


© SintangPost.com | Share :