Topik Terhangat

Dewan Ingatkan Masyarakat waspada Uang Palsu Jelang Natal dan Tahun Baru

Senin, 04 Desember 2017. Pkl. 23:14 WIB

Dibaca :292 views

Sintang Post



SINTANG | Sintangpost.com- Momentum perayaan natal dan tahun baru seringkali dimanfaatkan para pelaku kejahatan untuk beraksi. Salah satunya seperti sindikat peredaran uang palsu (upal). Untuk itu, anggota DPRD Sintang Anton Isdianto pun mengimbau masyarakat untuk waspada.

Politisi PAN ini mengatakan, peredaran uang palsu bisa terjadi saat transaksi jual-beli, misalnya saat berbelanja. Biasanya, pelaku memanfaatkan kelengahan korban. Salah satunya adalah beraksi malam hari untuk menyamarkan upal atau transaksi cepat.

“Kualitas uang palsu saat ini semakin mengikuti perkembangan teknologi percetakan. Meski demikian kualitas dari uang palsu tetap tidak bisa mendekati kualitas uang asli. Namun dalam peredarannya, para pengedar uang palsu kerap kali memanfaatkan kelengahan korban. Biasanya ada di transaksi cepat seperti pembayaran di SPBU atau transaksi di tempat remang-remang,” terangnya.

Diutarakannya, adapun pecahan paling besar adalah Rp 50 ribuan dan Rp 100 ribuan. Selain bekerjasama dengan Perbankan untuk memberikan edukasi melalui poster maupun imbauan, iklan layanan masyarakat dan sosialisasi ke tempat rawan peredaran uang palsu, Polres Sintang dan Perbankan juga terus berkoordinasi jika ada laporan uang palsu yang masuk ke bank.

“Hati-hati saja, menjelang natal dan tahun baru juga dipilih sebagai waktu yang tepat untuk mengedarkan uang palsu. Mengingat perputaran uang relatif tinggi. Oleh sebab itu saya imbau kepada masyarakat agar berhati-hati saat melakukan transaksi keuangan. Hindari tempat remang-remang dan tidak buru-buru dalam bertransaksi,” tegasnya. (okt)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.sintangpost.com


© SintangPost.com | Share :