Realissi Masih Rendah, Jarot Minta OPD Maksimalkan Kinerja

by
Bupati Jarot Mengumpulkan Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Sintang di Pendopo Sintang, Senin (15/1)
Bupati Jarot Mengumpulkan Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Sintang di Pendopo Sintang, Senin (15/1)

SINTANG | Sintangpost.com- Bupati Sintang Jarot Winarno meminta kepada seluruh OPD dilingkungan Pemkab Sintang untuk memaksimalkan program kegiatan di awal tahun 2018.

Hal itu disampaikan bupati Sintang saat mengumpulkan para pejabat di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang di Pendopo Bupati Sintang pada, Senin (15/1).

Dalam kesempatan tersebut Jarot mengingatkan langsung kepada seluruh kepala OPD agar bekerja lebih keras lagi, cerdas, ikhlas dan kreatif melakukan terobosan untuk percepatan penyerapan anggaran pada awal tahun 2018.

“Angka kemiskinan di Kabupaten Sintang masih cukup besar. Masyarakat kita yang sudah menikmati air bersih juga masih kecil yakni 19 persen, dan 50 persen masyarakat sudah menikmati aliran listrik,”kata Jarot.

Jarot berharap kegiatan di tahun 2017 bisa menjadi pembelajaran masing-masing OPD untuk meningkatkan kinerja di tahun 2018 ini. Sebab menurutnya mulai Tahun 2018 ini, sesuai komitmen nasional, kita juga ikut untuk melaksanakan E-Tunai yang mana semua transaksi sudah dilakukan secara transfer ke rekening termasuk perjalanan dinas.

“kita harus belajar dari kelemahan dan kekurangan dalam pelaksanaan APBD 2017. Saya ingatkan, per 21 Juli 2018 seluruh lelang proyek sudah selesai. Dan untuk proyek yang didanai APBN, akhir Januari 2018 ini harus sudah ada yang dilelang. Untuk itu, segera lengkapi administrasinya,”katanya.

Oleh sebab itu Jarot kembali menegaskan kepada seluruh kepala OPD agar segera mengambil langkah–langkah percepatan pelaksanaan APBD tahun anggaran 2018 dengan penjadwalan yang jelas untuk semua kegiatan tanpa mengabaikan kualitas dan ketentuan yang berlaku. Khususnya yang menyangkut pengadaan barang dan jasa agar jadwalnya diatur secara ketat.

“Saya minta proaktif untuk melakukan langkah-langkah percepatan, baik yang menyangkut penyelesaian administrasi di daerah maupun yang bersipat memerlukan koordinasi,”jelasnya.

Bupati Sintang juga mengingatkan tidak lama lagi akan dilaksanakan musyawarah rencana pembangunan 2019 mulai dari tingkat desa, kecamatan dan kabupaten.

“Saya mau mengingatkan dalam merencanakan kegiatan pembangunan 2019. Ini yang menjadi pedoman dan patokan dalam menyusun rencana kegiatan yakni penurunan angka kemiskinan melalui peningkatan infrastruktur dasar, sanitasi, optimalisasi air bersih dan peningkatan energi baru terbarukan,”tukasnya.

Terpisah Wakil Bupati Sintang Askiman meminta semua organisasi perangkat daerah untuk fokus pada tugas pokok masing-masing.

“Segera bekerja mempersiapkan administrasi pelaksanaan lelang proyek. OPD harus siap mempercepat pelaksanaan lelang proyek. OPD juga harus memperkuat pengawasan internal. Saat musrenbang nanti, mulai dari pemerintahan desa dengan ADD sampai Pemkab Sintang dengan APBD nya harus diarahkan untuk upaya mengurangi angka kemiskinan melalui berbagai program dan kegiatan,”pungkasnya. (okt)