Komisi II dan III DPRD Propinsi Kalbar Kunker Ke Sintang, Ini yang Dibahas

by
Anggota DPRD Propinsi Melakukan Diskusi dengan Setda Sintang

SINTANG | Sintangpost.com- Komisi II dan komisi III DPRD Provinsi Kalimantan Barat menggelar kunjungan kerja (kunker) ke Pemda Sintang, Jumat (9/2) pagi. Dalam rombongan yang dipimpin ketua DPRD Propinsi Kebing itu, juga turut dihadiri anggota Komisi lainnya.

Kedatangan rombongan disambut hangat Setda Sintang Yosepha Hasnah didampingi Kepala Bappeda, Kartiyus dan Kepala Dinas PMPTSP, Sudiyanto serta pejabat lainnya dilingkungan Pemkab Sintang.

Bertempat di ruang rapat Setda Sintang, jajaran pejabat Peda Sintang bersama anggota komisi II dan komisi III DPRD Propinsi Kalbar saling membicarakan seputar progres pembangunan yang ada di Sintang.

“Tujuan kunjungan kami ke Pemkab Sintang ini dalam rangka mendapatkan masukan dan informasi berkenaan dengan pengembangan potensi-potensi unggulan daerahdi bidang pertanian dan perkebunan,”kata ketua komisi II DPRD Propinsi Kalbar, Guntur.

Secara spesifik lanjut Guntur ada dua hal yang di tanyakan anggota komisi II, mengenai progress program cetak sawah dan proses implementasi kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan atau lebih di kenal dengan kegiatan corporate social responsibility (CSR) secara khusus perusahaan perkebunan yang ada di Sintang.

H. Lutfi A. Hadi selaku perwakilan komisi III DPRD Provinsi menyampaikan bahwa sasaran yang ingin diperoleh dari kegiatan ini, antara lain, evaluasi dan pendapatan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), juga mengenai penyertaan modal pemerintah Kabupaten Sintang ke Bank Kalbar.

“Kami komisi III DPRD Provinsi menanyakan bagaimana upaya peningkatan capaian Pendapatan asli daerah (PAD) melalui pajak, secara khusus untuk kendaraan bermotor dan alat berat. Juga sumber PAD dari bidang Kehutanan.serta mengenai perkembangan pelaksanaan Jaminan Kredit Daerah (Jamkrida) di Sintang,”jelasnya.

Melalui jawaban dari Sekda Sintang dan para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang membidangi, sejumlah pertanyaan yang dilontarkan anggota DPRD Propinsi Kalbar pun bisa dijawab tuntas. Usai diskusi, kegiatan pun ditutup dengan foto bersama. (okt)