Pendidikan Perlu Perhatian Semua Pihak

by
Heri Maturida

SINTANG | Sintangpost.com- Meski telah terjadi banyak kemajuan di berbagai sektor pembangunan, namun masih banyak kendala yang terjadi, utamanya dalam pelayanan hak dasar masyarakat.

“Dalam catatan kami, ada beberapa aspek dalam pelayanan hak dasar masyarakat yang mesti ditingkatkan, misalnya di bidang pendidikan, kesehatan dan tenaga kerja,” kata ketua Komisi C DPRD Sintang Herimaturida.

Di bidang pendidikan, kata Heri masih terjadi ‘diskriminasi’, dimana masih banyak sekolah-sekolah baik itu negeri maupun swasta di kawasan pinggiran yang belum mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah.

“Ini yang memicu masih adanya ketimpangan antara jumlah pencari kerja dan tingginya angka pengangguran, dengan kesempatan kerja yang diberikan perusahaan.

Idealnya, lanjutnya anak-anak itu dilatih untuk berwiraswasta dan membuka lapangan kerja, bukan melulu dididik harus jadi pegawai setelah mereka lulus sekolah. Selain itu di sektor tenaga kerja, kondisinya juga hampir sama. Dalam pandangannya, masih banyak perusahaan di Sintang yang belum membayar pegawainya dengan upah yang laik atau sesuai standar UMK.

“Ini, belum termasuk karyawan yang di-PHK dan belum menerima hak-haknya. Sedangkan di sektor pelayanan kesehatan, walaupun sudah banyak perbaikan semisal program BPJS dan puskesmas 24 jam, pelayanan hak dasar kesehatan itu belum semuanya dinikmati masyarakat.

“Kami masih menerima banyak keluhan terkait pelayanan kesehatan masyarakat, termasuk pelayanan yang kurang bersahabat bagi warga kurang mampu di beberapa rumah sakit,” jelasnya.

Semua keluhan dan aspirasi warga tadi, lanjut politisi Gerindra ini, memang menjadi bagian dari pekerjaan rumah (PR) bersama, tapi juga jadi fokus program untuk semua.

“Program kami memang fokus menyerap aspirasi warga. Tapi, itu perlu terus diperjuangkan, sehingga hak dasar masyarakat di bidang pelayanan kesehatan, pendidikan, tenaga kerja dan lain-lain itu bisa terus ditingkatkan,” tegasnya. (okt)