Topik Terhangat

Hari Jadi Sintang Ditetapkan10 Mei

Jumat, 08 Mei 2015. Pkl. 07:51 WIB

Dibaca :159 views

Sintang Post



DSC_0283SINTANG I Sintangpost.com-Seminar untuk mencari hari jadi Kabupaten Sintang yang dilaksanakan di Balai Praja Kantor Bupati Sintang pada Kamis, 7 Mei 2015 akhirnya menghasilkan rekomendasi kepada Pemerintah Kabupaten Sintang bahwa hari jadi Kabupaten Sintang adalah 10 Mei 1362.

Menurut narasumber dan seluruh peserta seminar, penentuan hari jadi tersebut bedasarkan dua fakta sejarah yakni pada bulan Mei Tahun 1362 yang lalu, pusat pemerintahan Kerajaan Sintang yang dipimpin oleh Raja ke XI Jubair Irawan I yang berada di Sepauk dipindahkan ke Sintang.

Pemindahan pusat pemeritahan dari Sepauk ke Sintang karena untuk pemekaran wilayah dan persiapan membangun pemerintahan baru, untuk membangun pertahanan keamanan serta letaknya yang strategis.

Sementara penentuan tanggal 10 adalah karena pada saat itu perjalanan kepindahan dari Sepauk ke Sintang diperkirakan menemupuh perjalanan tiga hari dengan menggunakan sampan.

Tanggal 10 identik dengan sepuluh raja yang memerintah di Sepauk mulai dari Raja Aji sampai Hasan, kemudian raja ke 11 yaiut Jubair Irawan I Pusat Pemerintahan sudah dipindahkan ke Sintang.

Dua narasumber yakni Akademisi Universitas Tanjungpura yang juga Raja Kesultanan Ismahayana Landak Dr. H. Gusti Suriyansyah, M. Si, dan Wakil Bupati Sintang periode 2000-2005 Drs.H. Ade Kartawijaya dan seluruh peserta seminar bahwa hari jadi Kabupaten Sintang adalah 10 Mei 1362 Masehi.

“Hasil seminar sudah dituangkan dalam bentuk rekomendasi kepada Pemerintah Kabupaten Sintang untuk diteruskan prosesnya dalam penyusunan Rancangan Peraturan Daerah tentang penetapan hari jadi Kabupaten Sintang kepada DPRD Kabupaten Sintang untuk dibahas dan disahkan menjadi Perda” jelas Kurniawan Kabag Humas dan Protokol Setda Sintang.

Sementara Bupati Sintang Drs. Milton Crosby, M. Si saat membuka seminar sudah memberikan pernyataan akan menerima hasil seminar untuk dijadikan acuan dalam menyusun Raperda. Jika 10 Mei 1362 sudah ditetapkan sebagai hari jadi Kabupaten Sintang, maka pada Minggu, 10 Mei 2015 nanti, Kabupaten Sintang sudah berusia 653 tahun.

“Pada 10 Mei 2016 yang akan datang Kabupaten Sintang sudah akan memperingati Hari Jadi Kabupaten Sintang yang ke 654 dan diperkirakan akan diperingati dengan meriah,”tukasnya (slh/red)


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.sintangpost.com


© SintangPost.com | Share :