Topik Terhangat

Rabu, 03 Juni 2015. Pkl. 18:24 WIB

Dibaca :134 views

Sintang Post



DSC_0299SINTANG | Sintangpost.com- Gereja Kemah Injil Indonesia (GKII) se daerah Sintang  menggelar rapat kerja daerah (Rakerda) Wilayah IV yang dilaksanakan di GKII Efrata Pelaik Kecamatan Kayan Hilir Selasa, (2/6). Kegiatan yang di hadiri oleh bupati Sintang Milton Crosby M Si juga di hadiri oleh Anggota DPRD Propinsi Suyanto Tanjung serta pengurus inti GKII Se Kalbar.


Kegiatan yang berlangsung beberapa hari tersebut bertujuan untuk mengevaluasi program pelayanan, menyusun kembali raker gereja setahun ke depan, dan mencari solusi jika dalam pelayanan terdapat permasalahan dan kendala.  selain bertujuan mengevaluasi pelaksanan semua keputusan GKII, rakerda juga menjadi moment untuk merefleksi sejauh mana partisipasi gereja dalam menghadirkan shalom Allah ditengah masyarakat Sintang.

Ketua Panitia Pdt. Octavianus, M.Th menyampaikan bahwa rakerda merupakan agenda tahunan dan tahun ini bisa di GKII Efrata Pelaik sebagai awal penginjilan di daerah kayan jaman dahulu.

“Rakerda ke IV ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan keputusan dan merencanakan kegiatan kerja gereja kedepan,”Katanya.

Ketua GKII Kalbar Pdt. Senan Beriang, M. Th menjelaskan rakerda ini mengambil tema Advokasi Transpormasi Membangun Masyarakat Damai dan Sub tema melalui Rakerwil IV, GKII bertekad menjadi alat transformasi untuk membawa terang bagi bangsa-bangsa.

“Melalui kegiatan ini kami ingin terus melakukan misi gereja sebagai penginjilan kepada jemaat GKII. Sehingga program kerja selama setahun dapat berjalan dengan baik,”ujarnya.

Senan Beriang juga mengatakan GKII Kalbar hingga saat ini memiliki 538 gereja dengan jumlah jemaat 143.000 jiwa. Dalam rakerda ini kita membahas rencana pemekaran GKII wilayah Kalbar.

“Kami ingin membantu pemerintah dalam membina umat beragama yang ada. kami terus memperkuat sekolah teologi, sekolah umum serta meningkatkan sumber daya manusia para rohaniwan sampai pada jenjang doktoral,”ujarnya lagi.

Sekretaris umum GKII Pusat Pdt. Sebinus Luther, M. Th menyampaikan bahwa pada September 2015 nanti akan dilaksanakan rapat luar biasa di Jakarta dalam rangka membahas perkembangan GKII secara nasional.

“Rencana kegiatan secara nasional tersebut nantinya akan dibahas dalam rakerwil yang akan berlangsung tidak lama lagi,”katanya.

Menurut Sabinus Luther, menyikapi berbagai perubahan yang ada di tengah masyarakat global seperti adanya pemanasan global, merupakan kenyataan yang juga menjadi pergumulan gereja saat ini.

“Fakta ini tidak saja menyentuh hal rohani tetapi juga jasmani yang menjadi bagian dari perguluman umat. Oleh karena itu, pelaksanaan rakerda hendaknya dijadikan kesempatan bagi gereja untuk merefleksi sejauhmana partisipasi gereja dalam menghadirkan shalom Allah ditengah masyarakat Sintang,” ujarnya.

Sementara itu Bupati Sintang Milton Crosbi M Si dalam sambutannya mengatakan, melalui rakerda hendaknya dapat menghasilan keputusan-keputusan yang bisa bermanfaat bagi gereja dan jemaat.

“Jadikan rakerda ini sebagai ajang evaluasi diri sehingga semua keputusan yang diambil bisa berguna bagi jemaat dan gereja,”kata Milton.

Melalui rakerda harap Bupati, gereja mampu merevitalisasi dan mentransformasi diri, sehingga gereja benar-benar mampu menghadapi dan menjawab permasalahan yang dihadapi jemaat dalam kurun waktu tertentu.

“Dengan demikian gereja harus bisa menyesuaikan diri seraya tetap berupaya meluruskan perilaku masyarakat (jemaat) yang tidak berpihak kepada nilai-nilai kemanusiaan dan iman melalui kesaksian dan pewartaan Kabar Gembira Yesus Kristus Sumber segala Kebijakan, baik di bumi maupun di surga,”harapnya

Dalam kesempatan tersebut bupati dua periode ini juga meminta kepada seluruh hamba tuhan untuk mendoakan dan mendukung pembentukan propinsi Kapuas raya yang enjadi dambaan masyarakat diwilayah timur Kalbar.

“Dalam waktu dekat, Kabupaten Sintang akan ditinjau oleh anggota Komisi II DPR RI sebagai salah satu tahapan persiapan propinsi baru,” tukasnya (slh/red).

 

 


Ikuti Berita Terkini Di Handphone Anda Melalui Alamat www.m.sintangpost.com


© SintangPost.com | Share :