Blangko e-KTP Di Sintang Habis

by
timthumb.phpSINTANG | Sintangpost.com-Stok blangko pencetakan elektronik-KTP (e-KTP) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Sintang habis. Imbasnya, Disdukcapil Sintang mengeluarkan surat keterangan bagi pemohon e-KTP.
Kepala Dinas Catatan Sipil Sintang H Sy M Taufik mengatakan surat keterangan diberikan kepada pemohon e-KTP sejak sebulan lalu. Hal ini dilakukan lantaran stok blangko pencetakan e-KTP habis.
“Surat keterangan diberikan untuk pengganti sementara. Jika blangko KTP Elektronik sudah dikirim dan stok sudah ada maka surat keterangan akan diganti dengan kepingan,”Kata Sy. M Taufik belum lama ini
Sebelumnya, blangko pencetakan e-KTP di Kabupaten Sintang sekitar 11.000 lembar. Lantaran tingginya animo masyarakat yang merekam data maka blangko pencetakan e-KTP ludes. Kondisi ini mengakibatkan pelayanan pencetakan e-KTP bagi masyarakat terganggu.
“Mohon maaf kepada masyarakat atas ketidak nyamanan ini,”tutur Taufik.
Meski demikian, Taufik mengaku sudah mengusulkan penambahan blangko E-KTP ke Kementrian Dalam Negeri. Ia berharap usai lebaran Kepingan E-KTP sudah ada.
“Mudah-mudahan Pertengahan Juli nanti sudah ada,” tukasnya.
Meski dinyatakan habis, pihaknya masih menyimpan kepingan jika sewaktu-waktu ada masyarakat yang sangat membutuhkan. Itupun harus sezin dirinya.
Lebih lanjut pria berkacamata ini mengungkapkan, proses perekaman E-KTP di Kabupaten Sintang berjalan dengan lancar. Tidak ada kendala yang berarti.
“Sampai sekarang proses perekaman lancer. Dari 269.377 wajib E-KTP, sudah 222.769 yang sudah melakukan perekaman, artinya capaian perekaman sudah mencapai 84,18 pesen,” ungkapnyaa.
Sementara untuk 222.796 wajibE-KTP yang telah melakukan perekaman, 202.911 yang telah menerima kepingan E-KTP. Artinya dari wajib E-KTP yang telah melakukan rekaman sudah 89,49 persen yang telah memiliki kepingan E-KTP.
Taufik menghimbau kepada masyarakat yeng belum mengurus Dokumen kependudukan untuk segera mengurus. Jangan gunakan jasa calo. “Kalau bisa datang lansung ke kantor,” pungkasnya(mot)