Pesawat Avia Star Pertama Jajaki Landasan Pacu Bandara Tebelian

by

unnamedSINTANG | Sintangpost.com-Pemerintah Kabupaten Sintang melakukan persiapan yang panjang dan matang dalam melakukan rencana test flight dan peresmian pra operasional Bandara Tebelian pada 18 Agustus 2015 mendatang. pengecekan ke lapangan dan rapat-rapat untuk memantapkan persiapan dilakukan demi mensukseskan kegiatan besar tersebut dan menekan terjadinya human error.

Pada rapat seluruh pihak yang terkait dalam rencana test flight dan peresmian pra operasional yang dilaksanakan di Pendopo Bupati Sintang pada Jumat, 7 Agustus 2015. Hampir semua pihak memberikan laporan yang baik dan siap kepada Bupati Sintang Drs. Milton Crosby, M. Si yang memimping langsung jalannya rapat persiapan tersebut.

Dengan memiliki landasan pacu sepanjang 1.650 meter, jalan masuk sudah diaspal, ruang tunggu selesai dibangun dan apron sudah siap. Maka Bandara Tebelian siap melaksanakan test flight dan peresmian pra operasional. Pesawat salah satu maskapai (AVIA STAR) yang memiliki 18 kursi siap di daratkan pada landasan pacu Bandara Tebelian. Pihak Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Sintang akan menggunakan alat pendeteksi cuaca portabel.

Bandara Tebelian yang landasan pacunya pada tahun 2016 akan dibangun menjadi 1.970 meter ini akan menjadi salah satu kado istimewa dari Bupati Sintang Drs. Milton Crosby, M. Si untuk masyarakat Kabupaten Sintang khususnya dan masyarakat kawasan timur Kalbar umumnya.

Kepala Bandara Susilo Poltak Gordon dalam beberapa kesempatan menyampaikan bahwa Apron yang dibangun pada tahap awal bisa menampung 3 pesawat. proses melengkapi seluruh fasilitas pendukung Bandara Tebelian juga terus dilakukan, Badang Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika di Jakarta misalnya sudah mengalokasikan anggaran dan mulai membangun gedung kantor dan peralatan.

Bahkan PT PLN juga menyatakan sedang membangun jaringan khusus yang terpisah dengan jaringan umum dengan daya setrum mencapai 500 KVA. PT Telkom sudah mulai melaksanakan kegiatan pemasangan instalasi yang akan memasang kabel bawah tanah menuju gedung terminal.(slh)