Delapan Fraksi Sampaikan Pandangan Umum Pada APBD Perubahan Tahun 2015

1SINTANG | Sintangpost.com-Dari delapan fraksi yang ada di DPRD Sintang, semuanya sepakat untuk membahas lebih lanjut rancangan peraturan daerah tentang Raperda APBD Perubahan tahun 2015.

Penegasan itu terungkap dalam rapat paripurna pandangan umum Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi Nasdem, Fraksi Demokrat, Fraksi Golkar, Fraksi Gerindra, Fraksi PKB, Fraksi PKPI, dan Fraksi Amanat Persatuan, yang di pimpin oleh ketua DPRD Jefray Edward didampingi oleh wakilnya Terry Ibrahim. Hadir wakil Bupati Sintang, Ignasius Juan, Sekda Yosepha Hasnah, Sekwan Abdul Syufriadi dan sejumlah undangan lainnya, Rabu (19/8).

Meski begitu, masing-masing fraksi menceritakan catatan khusus serta saran dan masukan yang jadi pertimbangan pemerintah kabupaten Sintang sebelum melakukan pembahasan bersama antara eksekutif dan ligislatif.

Dalam penyampaian pemandangan umumnya, seluruh Fraksi DPRD Sintang berharap, Raperda APBD Perubahan tahun 2015 tersebut dapat dijadikan motivasi dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Seperti yang disampaikan Fraksi PDI Perjuangan melalui juru bicaranya, Yulius Lagan, bahwa RPJMD harus disesuaikan dengan visi-misi pemerintah kabupaten Sintang. “Dan perlu dievaluasi ketat, agar pencapaiannya maksimal dan tepat target,”kata Yulius.

Fraksi PDI Perjuangang ini juga menyoroti masih banyaknya pembangunan yang dibangun pemerintah kabupaten Sintang terbengkalin dan hanya menjadi proyek warisan seperti dermaga sungai ringin, rumah sakit rujukan.

“Fraksi kami berharap pemerintah tidak hanya semata-mata membangun namun harus di lihat sisi asas manfaatnya bagi masyarakat, karena bagaimana pun juga membangunnya menggunakan uang rakyat,”kata Yulius.

Fraksi Nasdem melalui juru bicaranya Hermanto Aci mengatakan perubahan APBD Sintang merupakan salah satu upaya untuk melakukan evaluasi, diharapkan dengan adanya perubahan ini, pemerintah dapat memperbaiki pelayanan, dan peningkatan SDM.

Terkait perubahan atau adanya penambahan APBD diharapkan agar tetap mengacu pada RPJMD yang ada. “Dengan adanya penambahan anggaran, pemerintah harusnya dapat mengutamakan kepentingan masyarakat agar nantinya tepat sasaran, adil, dan dilaksanakan dengan baik dan benar,”katanya.

Fraksi Demokrat Melalui juru bicaranya Markus Jembari mengharapkan kepada pemkab Sintang untuk lebih efektif dan efisien dalam mengelola keuangan negara. Fraksi demokrat juga menyayangkan dan mempertanyakan anggaran di sektor pendidikan yang tidak  terserap maksimal

“Untuk itu fraksi kami meminta kepada Pemerintah Kabupaten Sintang agar dari alokasi dana APBD mendatang, lebih diprioritaskan pada masyarakat di pedesaan, pedalaman maupun perbatasan," tambahnya.

Demikian juga Pemandangan Umum  lima fraksi lainnya, Yakni Fraksi Golkar, Fraksi Gerindra, Fraksi PKB, Fraksi PKPI, dan Fraksi Amanat Persatuan berharap setelah Raperda APBD perubahan di laksanakan kiranya dapat berdampak pada peningkatatan kesejahtraan masyaraakat.

Pada kesempatan tersebut, Ketua DPRD Jefray Edward mengharapkan, bupati dan seluruh jajaran Pemerintah Sintang, dapat menyikapi lebih arif dan bijaksana, dari setiap pertanyaan, tanggapan, pendapat, himbauan, pernyataan dan saran-saran yang disampaikan oleh Fraksi-Fraksi DPRD Sintang. (okt)