Desa Dituntut Untuk Berinovasi

SINTANG | Sintangpost.com- Saat ini, Kabupaten Sintang sudah memiliki 391 lebih inovasi daerah. Dengan demikian, di tiap desa maupun kecamatan harus menyumbangkan berbagai inovasi demi kemajuan daerah.

Bupati Sintang Jarot Winarno mengatakan bahwa Program Inovasi Desa (PID) merupakan salah satu upaya Kemendesa PDTT dalam mewujudkan visi Undang-undang Desa (UU Desa) dan program unggulan Menteri Desa termasuk mempercepat penanggulangan kemiskinan di desa melalui pemanfaatan dana desa secara lebih berkualitas.

“Dengan strategi, pengembangan kapasitas desa secara berkelanjutan khususnya dalam bidang pengembangan ekonomi lokal dan kewirausahaan, pengembangan sumber daya manusia termasuk pelayanan sosial dasar, serta infrastruktur desa,”katanya.

Dengan kegiatan bursa inovasi desa ini diharapkan akan terjadi saling tukar menukar pengetahuan dan ide-ide cerdas kreatif hingga akhirnya hasil pembangunan di desa akan lebih efektif dan efisien bermanfaat dan berhasil guna bagi masyarakat didesa.

“Di Desa Kemantan telah memberikan dukungan dana Pembangunan PLTMH melalui dana APBD Tahun 2018, serta Desa Pahai Permai ada air terjun 7 tingkat juga membangun PLTMH , termasuk di beberapa desa lainnnya di daerah ini” itu merupakan salah satu bentuk nyata kerja,”katanya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Sintang Herkulanus Roni menjelaskan , Bursa Inovasi Desa ini merupakan program pusat yang ditetapkan melalui Keputusan Menteri(KEPMEN) Desa PDTT Nomor.83 Tahun 2017, sebagai panduan bagi para pihak dalam melaksnakan perencanaan, pelaksnaan maupun pemantauan, yang pendanaannya berasal dari International Bank For Reconstruction and Development (World Bank) atau Bank Dunia.

”Seperti meningkatkan kualitas penggunaan Dana Desa melalui kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa yang inovatif dan peka terhadap kebutuhan masyarakat Desa, serta membangun kapasitas Desa yang mandiri, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia, telah menetapkan pedoman umum Program Inovasi Desa (PID),”tukasnya. (eko).