Pemkab Gelar Lomba Paduan Suara Mars Korpri

oleh -718 views

SINTANG | Sintangpost.com-Untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun Korps Pegawai Negeri Republik Indonesia (KORPRI) yang ke 44 Tahun 2015, Pemerintah Kabupaten Sintang melaksanakan lomba paduan suara menyanyikan mars Korpri. Dalam surat edaran yang dikirim ke seluruh SKPD, Panitia Peringatan HUT Korpri Kabupaten Sintang yang ke 44 Tahun 2015 mensyaratkan tim paduan suara paling banyak beranggotakan 12 orang termasuk pemimpin lagu.

Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang dibawah arahan Zulkarnaen Asisten Administrasi Umum menanggapi surat panitia HUT Korpri dengan membentuk paduan suara. Dengan bersusah payah, akhirnya ada 12 orang staf yang bersedia untuk mencoba berlatih menyanyikan lagu Mars Korpri dibawah asuah pelatih Herman Kurniawan. Setiap SKPD diberikan waktu 2 minggu untuk membentuk paduan suara dan berlatih.

Pada lomba yang dilaksanakan di Gedung Pancasila pada Rabu 25 Nopember 2015, Tim Paduan Suara Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang berhasil keluar sebagai pemenang. Disusul paduan suara Darma Wanita Persatuan Kabupaten Sintang dan RSUD AM Djoen Sintang. Pada lomba paduan suara menyanyikan Mars Korpri selalu sepi peserta.

Yustinus Kabid Sarana Prasarana Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang mengeluhkan surat edaran yang terlambat diterima pihaknya. “waktunya persiapan singkat sekali sehingga kami tidak mampu mempersiapkan diri. Akhirnya kami putuskan tidak bisa berpartisipasi. Tetapi jika setiap tahun lomba ini selalu ada, maka saya yakin setiap SKPD akan siap dan tiga atau dua bulan sebelum lomba sudah bisa melakukan persiapan dan latihan” terang Yustinus.

Lomba Paduan Suara Lagu Mars Korpri dinilai oleh Tim Juri yang terdiri dari Petrus Ara Kian, Yustinus dan Samsul Bahri. Pada pengumuman pemenang lomba, Ketua Tim Juri Petrus Ara Kian menyampaikan permohonan maaf jika keputusan tim juri menimbulkan ketidakpuasan peserta. “tetapi kami sudah berusaha untuk menggunakan standar penilaian yang ada. Semua tim sudah berusaha menampilkan suara terbaiknya, namun yang namanya lomba tentu ada yang harus menang” terang Petrus Ara Kian.

Berdasarkan penilain tim juri, tim paduan suara Sekretariat Daerah berhasil meraih juara pertama dengan nilai 2. 075, tim paduan suara Darma Wanita Persatuan juara kedua dengan nilai 1. 932 dan tim paduan suara RSUD AM Djoen Sintan juara ketiga dengan nilai 1. 911

Lagu Mars Korpri diciptakan oleh E.L. Pohan dan diaransemen oleh B. Marada Hutagalung dengan nada dasar Es sama dengan do dengan tempo 4/4 marcia. Lagu Mars Korpri diciptakan dan dinyanyikan untuk membakar semangat seluruh anggota Korpri sehingga yang harus diperhatikan saat menyanyikan mars Korpri adalah dalam hal tempo, karakter dan teknik vokal.(slh)