DPRD Dukung Difungsikannya Bandara Tebelian

oleh -2.779 views
DPRD Dukung Difungsikannya Bandara Tebelian
DPRD Dukung Difungsikannya Bandara Tebelian

SINTANG | SenentangNews.com – Anggota DPRD Sintang, Kusnadi mendukung penuh rencana Pemerintah Kabupaten Sintang yang akan segera memfungsikan bandara Tebelian pada oktober 2016 mendatang. Difungsikanya bandara tebelian diharapkan dapat memacu pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Sintang dan Wilayah Timur Kalimantan Barat.

“Sebagai masyarakat dan Anggota DPRD kami sangat mendukung difungsikanya bandara tebelian,” Kata Kusnadi.

Hanya saja kusnadi berpesan kepada Pemerintah Kabupaten Sintang untuk melengkapi sarana dan prasarana pendukung. Sara pendukung penting dilengkapi karena jika tidak justru akan membahayakan penerbangan.

“Sarana pendukung penting. Ini terkait keselamatan penerbangan. Jangan asal digunakan tetapi sarana dan prasarana tidak dilengkapi. Saran saya lengkapi dulu baru di fungsikan,” pintanya.

Keberadaan bandara Tebelian menurutnya akan berdampak besar pada perkembangan perekonomian di wilayah timur Kalbara.

“Jika bandara difungsikan arus transportasi barang juga akan semakin mudah, sehingga diharapkan akan menekan harga barang yang selama ini maish cukup tinggi di wilayah timur kalbar,” tukasnya.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Sintang, Hatta memastikan dalam wakatu dekat ini pihaknya akan segera melakukan audiensi dengan Pemerintah Pusat terkait rencana pengoperasioan bandara tebelian.

“Jika tidak ada halangan pertengahan bulan ini, kita akan audiensi ke Dirjen Perhubungan Udara,” kata Hatta.
Menurutnya, audiensi yang akan dilakukan, tidak lepas dari komitmen Bupati Sintang, Jarot Winarno terkait proses pembangunan bandara. Sebab, proses pembangunan yang sudah mencapai tahap finishing ini tidak boleh berhenti ditengah jalan.

“Tidak boleh berhenti, karena ini sudah hampir rampung pengerjaanya. Makanya, komitmen Bupati sangat diperlukan dalam proses pembangunan bandara Tebelian Airport ini,” kata dia.

Selain itu, Hatta memastikan bahwa pada Oktober 2016 mendatang, bandara Tebelian Airport sudah dapat beroprasional. “Saya yakin Oktober nanti semua sudah rampung dan dapat beroprasional bandara ini,” ujarnya.
Dikatakanya, beberapa fasilitas pendukung seperti semua sudah lengkap. Bahkan kantor BMKG juga sudah ada.

“Kalau untuk sisi terminal kuta sudah siap dan tidak ada masalah lagi,” tuturnya.

Hatta optimis penambahan Run Way 200 m itu rampung sebelum memasuki Oktober mendatang. “Izin oprasional sedang dalam proses, bahkan tidak ada kendala,” kata dia.(okt)