Waspada, Arus Mudik Kejahatan Mengintai

oleh -1.428 views
Jefray Edwar

SINTANG | Sintangpost.com- Sebentar lagi bulan suci Ramadhan akan berlalu dan menyonsong hari raya idul fitri 1439 Hijeriah. Untuk itu Ketua DPRD Sintang Jefray Edwar menghimbau bagi setiap masyarakat yang akan mudik lebaran tahun ini untuk waspada terhadap kejahatan pencurian rumah-rumah kosong.

“Buat yang mudik, tetap harus waspada. Pastikan rumah Anda dalam kondisi terkunci. Titipkan juga kepada tetangga terdekat atau RT untuk mengawasi rumah atau lingkungan sekitar. Masalah keamanan, kita memang harus saling bahu-membahu,” Kata Jefray.

Selain itu, Jefray juga mengimbau masyarakat sebelum meninggalkan rumah pastikan dalam kondisi aman. Seperti memeriksa aliran listrik atau perangkat elektronik yang masih tersambung ke lisitrik.

Hal ini untuk menghindari arus pendek yang dapat mengakibatkan kebakaran. Begitu juga dengan keamanan lingkungan rumah perlu diperhatikan.

“Kalau tidak ada unsur kemanan di lingkungan tempat tinggalnya, sehingga rumah tetap terpantau selama kita mudik,” jelasnya.

Politisi PDI Perjuangan ini juga mengharapkan masyarakat yang mudik lebaran menggunakan kendaraan roda empat harus memeriksa kelengkapan dan kelayakan kendaraannya sebelum berangkat. Hal ini penting agar dalam perjalanan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kalau lewat jalur darat dan pakai kendaraan pribadi, pastikan kendaraannya aman baru jalan. Kalau naik kapal laut atau pesawat, tentunya harus menyiapkan keperluannya lebih awal. Paling penting, selama perjalanan jangan pakai perhiasan berlebihan untuk menghindari aksi kejahatan di jalan,”tukasnya. (okt)