Umat Budha Sintang Miliki Vihara Megah

oleh -1.948 views

SINTANG | Sintangpost.com- Umat Budha Sintang kini memiliki tempat ibadah yang representatif untuk mengembangkan kualitas keagamaan dan memperteguh kadar keimanan.

Minggu (22/7) kemarin bupati Sintang Jarot Winarno meresmikan Vihara yang terletak di jalan MT Haryono didampingi anggota DPRD Sintang Hermanto Aci serta masyarakat tionghua lainnya.

Dalam kesempatan tersebut bupati Sintang Jarot Winarno berharap Vihara yang dibangun dengan megah ini kiranya dapat menjadi salah satu upaya nyata dalam meningkatkan pembinaan mental dan spiritual serta pemantapan keagamaan khususnya bagi umat Budha.

“Harapan saya Vihara ini dapat dipelihara sebaik mungkin sehingga kedepan dapat meningkatkan kualitas keagaamaan bagi umat budha di Sintang ini,” ujarnya.

Jarotjuga mengatakan sesuai dengan visi pemerintah Sintang yang religius bahwa pondasi keimanan masyarakat memiliki dampak besar dalam kehidupan baik itu kehidupan pribadai maupun kehidupan dalam masyarakat.

“Dari visi inilah akan dilakukan berbagai upaya peningkatan kualitas kehidupan beragama di Kabupaten Sintang sehingga dapat mewujudkan masyarakat yang bermoral, beretika, berbudaya dan beradab,” ucapnya.

Ketua Panitia Kegiatan Pertemuan Vihara Maitreya Agung Sintang, Hendra Bonardi mengungkapkan bahwa Vihara tersebut menempati lahan seluas 1.020 meter persegi yang terdiri dari 4.5 lantai dan menelan biaya sekitar empat Miliar Rupiah yang didapat dari swadaya umat, bantuan Pemerintah dan donatur.

“Lantai basement merupakan tempat parkir dan ruang makan serta dapur. Lantai dua adalah kamar tidur dan para pengabdi vihara, lantai 2,5 adalah ruang belajar anak-anak sekolah minggu, lantai tiga ruang pertemuan dan dharma sala serta lantai empat adalah ruang bhakti sala,” tukasnya. (okt)