Terpilih Jadi Ketua BK, Marko: Ini Amanah yang Berat Bagi Saya

oleh -295 views
Marko

SINTANG I Sintangpost.com- Marko diberi kepercayaan oleh ke tiga Puluh Sembilang anggota DPRD Sintang mengemban amanah sebagai ketua Badan Kehormatan (BK) di DPRD Sintang.

Penetapan Marko sebagai ketua BK dilakukan melalui rapat paripurna internal yang dipimpin langsung ketua DPRD Siintang Florensius Ronny, Senin (4/10/2019).

Ketua Badan Kehormatan DPRD Sintang Marko bertemimakasih kepada pimpinan maupun anggota dewan lainnya  yang telah mempercayakan dirinya sebagai ketua BK.

Menurutnya pembentukan Badan Kehormatan (BK) merupakan AKD DPRD yang bersifat tetap, dibentuk untuk melaksanakan dan menegakkan kode etik DPRD Sintang.

“BK adalah sebuah lembaga yang berhubungan dengan masalah kehormatan para wakil rakyat DPRD Sintang,” kata Marko.

Dalam melaksanakan tugasnya kata Politisi PDI Perjuangan ini kedisiplinan anggota dewan merupakan kewajiban dalam melaksanakan tugas dan fungsi pokok kedewanan.

“Jadi sesuai kode etik yang telah kita susun beberapa waktu lalu menyebutkan bahwa salah satu poin pentingnya tentang kehadiran anggota dewan,”kata Marko.

Anggota dewan dua periode ini melanjutkan BK bertugas memantau dan mengevaluasi disiplin dan kepatuhan terhadap moral, kode etik, dalam menegakan peraturan tata tertib DPRD dalam rangka menjaga marwah, martabat, kehormatan, citra dan kredibilitas DPRD .

“Aturannya jelas apabila nggota dewan tidak mengikuti paripurna sebanyak 6 kali maka akan diberi sanksi. Sanksi tersebut berupa teguran yang akan disampaikan ke masing-masing fraksi,”tegasnya.

Politisi Ketungau ini juga mengatakan, akan bekerja dengan profesional dalam menegakan kepatuhan dan kedisiplinan para anggota DPRD yang melanggar kode etik.

“Tentunya ini amanah yang berat bagi saya dalam mengemban tugas ini, saya juga minta dukungan serta sportifitas anggota lainnya dalam menjalankan tugasnya sebagai wakil rakyat,”harapnya. (Okt)