Hut ibi ke- 68, Jarot Minta Bidan Siapkan Generasi Emas

oleh -176 views
IBI Sintang Merayakan HUT IBI ke 68 di Rumah Melayu

SINTANG | Sintangpost.com- Bidan di Kabupaten Sintang memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ke-68. Di usia yang sangat matang, sudah banyak yang dihasilkan terkait peningkatan eksistensi dan perannya dalam masyarakat dibidang kesehatan.

“Peranan bidan sangat penting dari dulu hingga sekarang. Eksistensinya sudah banyak dirasakan masyarakat terutama kaum ibu. Untuk itu kita minta Bidan bisa mempersiapkan generasi emas 2045,”kata Jarot saat memberikan sambutan di Rumah Adat Melayu Tepak Sirih, Sabtu (2/11/2019).

Menurut Jarot peranan bidan untuk menuju Indonesia emas sangat besar khususnya terkait kesehatan. Secara global ada 3 tantangan yang harus dihadapi yakni tingginya angka kematian ibu, rendahnya toleransi tehadap HIV AIDS dan rendahnya pemahaman kesadaran seksual serta program Keluarga Berencana yang sudah mengalami kemunduran.

“Pahala bidan sangat besar di pedalaman. Maka sejak saya menjadi Bupati, dari total 200 bidan yang magang, kita sudah angkat 100 menjadi kontrak. Pada penerimaan CPNS Tahun 2019 ini, kita buka 39 formasi untuk tenaga bidan. Bidan juga harus mampu menghadapi era 4.0. mau tidak mau, kalian harus hadapi,”beber Jarot.

Data saat ini, kata Jarot kalau ada 1.000 ibu melahirkan maka 4 diantaranya meninggal. Dan 80 persen sudah ditangani bidan sisanya masih ke dukun beranak atau profesi diluar bidan. Dan 80 persen masyarakat sudah menggunakan fasilitas kesehatan dan menggunakan jasa bidan ini.

“Saat ini di Sintang masih ditemukan 31 persen angka stunting. Maka kita terus pacu program untuk menurunkan angka stunting ini. Saya senang bidan terus menggaungkan pemberdayaan masyarakat,”tukasnya.

Ketua Pengurus Daerah IBI Provinsi Kalimantan Barat Hj. Uray Rosidana menyampaikan Muscab merupakan forum tertinggi organisasi dalam wadah komunikasi para anggota IBI.

“Kepada pengurus yang baru agar memberikan yang terbaik kepada anggota IBI di Sintang. Kembangkan organisasi dengan baik serta Jaga kekompakan anggotasupaya kedepan mampu mengayomi seluruh anggota IBI dengan baik,” pesan Hj. Uray Rosidana.

Ketua IBI Sintang periode 2013-2018 Memi Sukaesih menyampaikan IBI Sintang sudah melaksanakan musyawarah cabang dan
sudah memiliki kepengurusan yang baru.

“IBI harus terus meningkatkan kemampuan anggota, bergerak membangun kesehatan ibu dan anak untuk mencapai derajat kesehatan. IBI berusaha melaksanakan tugas dengan baik demi pelayana kesehatan masyarakat,”jelasnya

Ketua Panitia Muscab dan Peringatan HUT IBI Kabupaten Sintang Nyemas Yuli Sri Ayu menyampaikan bahwa untuk memperingati HUT IBI Sintang, pihaknya sudah melaksanakan kegiatan seperti bakti sosial berupa pelayanan kesehatan, anjangsana ke rumah sesepuh, tabur bunga ke makam sesepuh, senam bersama, seminar pengembangan soft skill untuk menunjang profesi kebidanan dalam memberdayakan masyarakat.

“Kami juga sudah melaksanakan musyawarah cabang IBI Sintang. Peserta seminar dihadiri 384 anggota IBI Sintang. Kedepan kami harapkan IBI semakin jaya,” tukasnya. (okt)