Aset Milik Pemkab Sintang Harus Jelas

oleh -231 views
Santosa

SINTANG | Sintangpost.com- Ketua Komisi A DPRD Sintang Santosa menilai keberadaan aset milik pemerintah daerah Sintang kedepannya harus ditata dengan baik. Sebab, keberadaan aset daerah ini baik aset bergerak maupun tidak bergerak seyogyanya memiliki tujuan yang pasti.

“Kita minta kepada Pemkab Sintang agar transparan dalam melakukan pendataan dan penertiban aset milik daerah, baik yang bergerak mau pun tidak bergerak. Dengan adanya pendataan yang baik maka kedepannya dapat terkelola dengan lebih baik lagi,”kata Santosa belum lama ini.

Diakuinya, sejauh ini pihaknya belum mengetahui dengan jelas jumlah aset pemerintah di daerah ini, baik itu berupa perumahan, tanah, dan bangunan milik daerah. Pasalnya lanjut Santosa, dirinya akan mempelajari lebih lanjut tentang keberadaan aset milik pemda Sintang.

“Akan kita telusuri dengan teman-teman anggota komis A. Bila perlu nanti kita akan panggil pihak pemerintah melalui rapat kerja supaya keberadaan aset ini bisa tertata dengan baik,”jelas Santosa.

Menurut Politisi PKB ini pendataan aset milik pemerintah daerah salah satu tupoksi dari komis A DPRD Sintang dalam rangka melakukan tupoksinya sebagai fungsi kontrol.

“Aset ini juga kan sudah menjadi atensi kita untuk ditata, sebab beberapa waktu lalu salah satu aspirasi teman-teman mahasiswa dalam melakukan aspirasinya yakni tentang aset,”tegasnya.

Pihak menjamin apabila keberadaan aset milik pemerintah sudah jelas keberadaannya maka kedepan aset-aste tersebut mendapat kepastian hukum.

“Asas kepastian nilai pengelolaan barang milik daerah harus didukung adanya ketepatan jumlah dan nilai barang untuk optimalisasi pemanfaatan dan pemindahan tangan barang milik daerah serta penyusunan neraca pemerintah,”imbuhnya.

Santosa berharap apapun bentuk bantuan yang diterima dari Pemerintah wajib tercatat sebagai aset daerah. Karena, aset bergerak maupun tidak itu bersumber dari anggaran pemerintah.

“Jadi semuanya wajib terdata dengan baik, supaya aset aset milik pemerintah daerah Sintang tidak terkesan terbengkalai,”tukas Politisi Kayan ini. (okt)