Mari Budayakan Cuci Tangan Sejak Dinia

oleh -224 views
Pemkab Sintang Memperingati Hari Cuci Tangan Sedunia di TK Bhayangkari

SINTANG I Sintangpost.com- Pelaksana tugas (Plt) Asisten I Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang Kurniawan memberikan apresiasi dan dukungan dengan pelaksanaan kegiatan peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS) sedunia di Taman Kanak-kanak (TK) Bhayangkari, Kecamatan Sintang, Jumat (8/11/19).

Terlebih, ajakan untuk membiasakan hidup sehat dilakukan kepada anak-anak TK yang ada di Bumi senentang yang dimotori oleh Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Sintang.

Hidup sehat, kata Kurniawan, sangat penting. Terlebih untuk membiasakan diri mencuci tangan. Sebab, tangan adalah anggota badan yang banyak digunakan untuk melakukan berbagai kegiatan sehari-hari termasuk makan, minum, menyiapkan makanan, serta memberi makan anak atau bayi. Tangan yang selalu bersih dan sehat akan mencegah dari serangan berbagai penyakit, utamanya penyakit menular.

“Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang berpartisipasi sehingga kegiatan HCTPS berjalan sukses, aman dan lancar,” ujarnya.

Kurniawan menjelaskan bahwa pembangunan secara nasional saat ini mengarah kepada pembangunan yang berbasis hak. Pembangunan itu harus memenuhi hak-hak dasar masyarakat dan salah satu hak dasar masyarakat yang paling elementer adalah hak untuk sehat secara fisik. Salah satu cara untuk merealisasikannya yakni pemerintah mencanangkan upaya dan pembudayaan budaya dan perilaku hidup sehat, sehingga di sinilah letak pentingnya kegiatan cuci tangan pakai sabun ini.

“Jadi cuci tangan pakai sabun ini adalah merubah perilaku, dan merubah karakter masyarakat dan itu tidak mudah,”kata Kurniawan.

Plt Ketua TP PKK Kabupaten Sintang dalam sambutannya mengatakan hari cuci tangan sedunia ini di laksanakan setiap tahun pada tanggal 15 oktober, namun tahun ini di Kabupaten Sintang baru dapat terlaksana pada hari ini, karena mengingat ada beberapa kegiatan yang tidak dapat di tunda pelaksanaannya.

“Kegiatan Cuci Tangan Pakai Sabun yang diikutu siswa TK ini merupakan cara yang efektif dalam rangka untuk mencegah penyakit, karena memang perilaku sederhana ini dapat memberikan perlindungan dari penyakit dan bakteri,”jelasnya.

Selain itu juga terangnya, bahwa cuci tangan pakai sabun merupakan perilaku hidup bersih dan sehat. Sehingga kegiatan ini bertujuan untuk untuk mengajarakan secara khusus kepada anak-anak sejak dini untuk berprilaku hidup bersih dan sehat yang selalu tertanam kuat di dalam diri anak-anak dan juga anggota keluarga lainnya.

“Oeh karena itu kita mengajak anak-anak dan tamu yang hadir pada acara ini selalu membiasakan diri cuci tangan pakai sabun sebelum makan pagi, siang, malam, atau makan makanan lainnya, dan juga setelah dari toilet,”terang sepina.

Sepina pun berharap kegiatan ini tidak hanya seremonial belaka, tapi pihaknya berharap dan mengajak kepada guru-guru dan orang tua untuk untuk mengajak dan mengingatkan anak didik atau anaknya agar selalu membudayakan mencuci tangan pakai sabun.

“Mari terus kita budayakan pola hidup bersih salah satunya jangan lupa cuci tangan,”tukasnya. (Okt)