Simulasi UNBK SMP Terkendala Jaringan Internet

oleh -250 views

SINTANG | SintangPost.com – Untuk mempersiapkan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk tingkat SMP/Mts di Kabupaten Sintang, Pemerintah Kabupaten Sintang menggelar simulasi UNBK mulai dari tanggal 4- 8 November.

Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang, Ernawati mengungkapkan bahwa pelaksanaan simulasi merupakan upaya untuk mempersiapkan siswa terutama peserta UNBK untuk dapat mengikuti pelaksanaan ujian dengan baik.

“Karena banyak sekolah, maka simulasi tahap satu ini kita bagi menjadi dua periode, untuk tanggal 4-8 November ini ada 13 SMP/Mts yang mengikuti simulasi, sementara 31 SMP/Mts lainnya akan melakukan simulasi tahap satu pada tanggal 11-15 November mendatang,” ujarnya kepada SintangPost belum lama ini.

Ernawati mengatakan masih ada kendala yang ditemukan bahkan saat simulasi tahap satu ini, yaitu jaringan internet yang kerap hilang sehingga mempengaruhi siswa dalam mengerjakan soal.

“Ini yang akan kita upayakan. Kita akan lakukan koordinasi dengan pihak Telkom dan juga PLN agar kendala yang demikian tidak terjadi kembali saat pelaksanaan simulasi UNBK pada tahap berikutnya,” katanya.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Melkianus yang juga anggota Komisi C mengharapkan koordinasi yang dilakukan tersebut dapat meminimalisir terjadinya kesalahan saat pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer khususnya untuk sekolah yang masih dibawah wewenang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang yaitu tingkat SMP/Mts.

“Selalu yang jadi masalah adalah jaringan listrik dan jaringan internet. Ini bukan hal baru. Ini yang harus segera kita koordinasikan agar bisa mencari solusi dalam meminimalisir terjadinya kesalahan hal yang demikian,” ujarnya.

Politisi dari Partai Golkar ini menyampaikan bahwa pihaknya akan duduk satu meja dengan semua pihak terkait untuk membahas permasalahan ini.

“Ini harus segera kita koordinasikan, mungkin pada minggu mendatang. Masalahnya jaringan internet dan jaringan listrik adalah factor penting yang mendukung suksesnya pelaksanaan UNBK,” pungkasnya. (Coe)