Cegah DBD Dengan 5M

oleh -356 views
Kusnadi

SINTANG | SintangPost.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang meminta kepada masyarakat untuk melakukan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) agar dapat terhindar dari berbagai penyakit.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, Harysinto Linoh mengungkapkan bahwa saat ini tren penyakit DBD yang menjadi ketakutan tersendiri di masyarakat mengalamai kenaikan kasus.

“Ada kenaikan meski tidak terlalu signifikan,” ujarnya kepada SintangPost ketika ditemui di DPRD Sintang beberapa waktu lalu.

Menanggapi hal tersebut, Anggota DPRD Kabupaten Sintang, Kusnadi mengajak seluruh warga masyarakat untuk peduli dengan lingkungan rumah dan sekitarnya. Terlebih lagi musim pancaroba yang seperti ini rentan dengan berbagi penyakit seperti flu, batuk bahkan DBD.

“Menjaga Pola Hidup Bersih dan Sehat ini adalah hal yang kerap kali digaungkan oleh Pemerintah Kabupaten Sintang yang tujuannya adalah mengajak seluruh masyarakat untuk terus sehat demi kehidupan yang lebih baik,” ujarnya.

Kusnadi mengajakmasyarakat untuk kembali menggalakkan 5M yaitu Menguras tempat penyimpanan air seminggu sekali, Menutup tempat penyimpanan air jika sudah digunakan agar nyamuk tak masuk, Mengganti air di vas atau pot bunga setiap hari, Mengubur dan membuang sampah plastik atau yang rawan tergenang air, dan Menaburkan bubuk abate di tempat-tempat yang sulit untuk dilakukan pengurasan.

“Di luar daerah, Pemerintah Daerahnya malah ada yang membagikan berbagai ikan hias atau ada yang mengajak masyarakatnya untuk menanam tanaman pengusir nyamuk seperti lavender atau serai wangi,” pungkasnya. (Uli)