Askiman : Kawasan Industri Sungai Ringin Dapat Menjadi Daya Tarik Investasi

oleh -447 views
Foto bersama usai pembahasan Ranperda RDTR BP Industri Sungai Ringin di My Home Sintang

SINTANG | SintangPost.com – Jumlah manusia yang bertambah dan aktivitas yang berkembang pesar menimbulkan masalah mengenai penataan ruang suatu wilayah. Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Bupati Sintang, Askiman ketika membuka rapat pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) BWP Industri Sungai Ringin di Hotel My Home, Kamis (5/12/2019).

“Ruang menjadi sebuah komoditas mahal dan eksklusif sebab ruang jumlahnya relative tetap sementara  pertumbuhan manusia semakin besar. Ini akan menimbulkan konflik dimensi ruang sehingga dibutuhkan rencana penataan ruang berkualitas, berkelanjutan dan inklusif,” ujarnya.

Askiman menyampaikan BWP Industri Sungai Ringin sebagai pusat kegiatan lokal (PKL) perlu diarahkan pemanfaatan ruang secara bijaksana, berhasil guna, serasi selaras, seimbang dan berkelanjutan.

“Kita bersyukur pada hari ini kita dapat melakukan rangkaian dari tahapan penyusunan Rencana Detail Tata Ruang Kota (RDTR) Kawasan Industri Sungai Ringin. Penyusunan dokumen ini terwujud melalui program bantuan teknis dari direktorat Jenderal Penataan Ruang Kementerian ATR/BPN,” ucapnya.

Pada kesempatan ini, Askiman juga mengucapkan terimakasih kepada Kementerian ATR/BPN yang telah membantu Pemerintah Kabupaten dalam penyusunan dokumen penataan ruang. Mengingat terwujudnya penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kawasan Industri Sungai Ringin memiliki arti penting yang dapat menjadi daya tarik investasi memerlukan pengendalian dan pemanfaatan ruang agar upaya percepatan dan peningkatan penanaman modal dan kesempatan berusaha di BWP Industri Sungai Ringin dapat terlaksana.

“Pembahasan Ranperda adalah salah satu rangkaian kegiatan terkahir dari tahapan penyusunan RDTR Kawasan Industri Sungai Ringin. Tentunya kita berharap ranperda ini akan berjalan sukses dan lancer sehingga memberikan manfaat bagi kita semua,” pungkasnya. (Coe)