Tanam Pohon Produktif, Kapolres Sintang : Kita Jaga Alam, Alam Jaga Kita

oleh -376 views
Kapolres Sintang didampingi istrinya tanam pohon produktif di Mako Polres Sintang

SINTANG | SintangPost.com – Kepolisian Resort ( Polres) Sintang menggelar penanaman pohon produktif di Markas Komando (Mako) Polres Sintang, Jumat (10/01/2020).

Kapolres Sintang, AKBP Adhe Hariadi mengungkapkan penanaman 16 jenis pohon produktif dilakukan serentak di seluruh Mako maupun asrama Mako yang ada di seluruh Indonesia.

“Polres Sintang akan menanam 5000 pohon produktif, 3000 pohon akan ditanam di polsek jajaran Polres Sintang dan 2000 ditanam di Polres Sintang, lima lokasi asrama, pesantren dan juga beberapa panti asuhan yang ada di Kabupaten Sintang,” ujarnya.

Dengan didampingi istrinya, Kapolres Sintang yang menanam pohon Mangga di halaman belakang tersebut mengatakan tujuan dipilihnya tanaman produktif dalam giat Polri Peduli Lingkungan selain untuk penghijauan juga bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari.

“Jika tanaman produktif, akan memberikan manfaat hingga ke anak cucu karena bisa untuk kehidupan sehari-hari, nantinya juga bisa jadi kenang-kenangan, kalau saya sudah tak bertugas disini lagi,” katanya.

Tak hanya penanaman pohon, lanjut Kapolres Sintang, pihaknya juga melakukan pembersihan pembantaran sungai di beberapa daerah.

“Beberapa waktu lalu, Polsek Serawai, Sepauk, dan Ketungau Hilir sudah melakukan pembersihan sungai. Intinya, kita ingin ambil andil dalam menjaga lingkungan. Kita jaga alam, alam jaga kita,” katanya.

Pada kesempatan ini, Kapolres Sintang juga mengucapkan terimakasih kepada Balai Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Lingkungan Hidup Kalimantan Barat yang sudah memberikan bibit tanaman produktif untuk kegiatan ini.

“Kita berterimakasih pada BPDASLH Kalbar dan semua pihak yang membantu. Kita berhaeap ini akan memberikan manfaat besar bagi generasi selanjutnya,” ucapnya.

Dandim 1205/Stg, Letkol Infanteri Eko Bintara Saktiawan yang turut hadir pada kegiatan tersebut mengapresiasi yang dilakukan oleh Polres Sintang.

“Saat ini, kebanyakan orang eksploitasi hutan bukan melestarikan hutan. Untuk itu, apa yang dilakukan oleh Polres Sintang patut kita ancungi jempol,” tuturnya.

Dandim 1205/Stg menegaskan bahwa pihaknya melalui koramil-koramil siap mendukung giat penanaman pohon produktif yang digalakkan oleh Polres Sintang.

“Ini langkah bagus, tentu akan kita dukung, bahkan mungkin kedepannya kita bisa mengikuti kegiatan yang serupa,” pungkasnya.

Hadir juga pada kesgiatan tersebut Danyon 642/Kps, Ketua Bhayangkari dan Anggota Bhayangkari Polres Sintang, dan Pemerintah Kabupaten Sintang. (Coe)